Skip to content
Home ยป Meningkatkan Performa Mobil dengan Servis Berkala yang Tepat

Meningkatkan Performa Mobil dengan Servis Berkala yang Tepat

Bagi pecinta otomotif, mempertahankan kinerja maksimal mobil adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara yang tepat untuk mencapai itu adalah dengan melakukan servis berkala yang teratur. Dalam artikel ini, saya akan memberikan informasi detail tentang mengapa servis berkala sangat penting dan apa saja yang perlu diperhatikan ketika melakukan servis berkala di bengkel.

Mengapa Servis Berkala Sangat diperlukan

Setelah pemakaian mobil dalam waktu lama, terdapat beberapa part-part pada mesin yang berisiko mengalami kerusakan. Takutnya, kerusakan itu terjadi dan menimbulkan masalah yang lebih besar. Oleh karena itu, dengan melakukan servis berkala, kita dapat memeriksanya sekaligus untuk mencegah kerusakan yang lebih besar.

Melakukan servis berkala juga membantu untuk meningkatkan kinerja mesin. Pemakaian terus menerus dapat membuat suku cadang menjadi kotor atau bahkan rusak. Dalam servis berkala, bengkel akan membersihkan, mengganti, dan memeriksa setiap komponen pada mesin. Dalam jangka panjang, hal tersebut akan meningkatkan performa mobil dan masa pakai mesin dapat lebih lama.

Frekuensi Servis Berkala

Frekuensi servis berkala tergantung pada usia mobil dan volume penggunaan sehari-hari. Jika mobil Anda sudah lebih dari 2 tahun dan telah melewati jarak 10.000 kilometer, sebaiknya lakukan servis berkala setiap 6 bulan sekali.

Bila mobil telah berusia lebih dari 3 tahun atau telah menempuh lebih dari 10.000 kilometer, maka sebaiknya lakukan servis berkala setiap 4 bulan sekali.

Mobil yang umurnya lebih dari 4 tahun atau telah menempuh jarak 20.000 kilometer, seharusnya melakukan servis berkala setiap 3 bulan sekali. Frekuensi servis berkala seperti itu akan meningkatkan masa pakai, sehingga mobil tetap dalam kondisi prima.

BACA JUGA:   Meningkatkan Performa Mobil dengan Upgrade ECU

Mengganti Suatu Suku Cadang

Ketika melakukan servis berkala, sejumlah suku cadang mesin harus diperiksa terlebih dahulu, sebelum dianjurkan untuk diganti. Suku cadang tersebut antara lain:

Oli Mesin

Mengganti oli mesin secara teratur penting untuk menjaga agar mesin tetap terpelihara dan lubang-lubang kecil antara mesin tetap terisi. Oli mesin akan membilas kotoran dan kerak-kerak yang bisa terakumulasi di permukaan mesin. Penggantian oli mesin setiap 10.000 km sekali sangat dianjurkan.

Air Radiator

Air radiator adalah pendingin terbesar mesin mobil, sehingga perlu diperiksa dan diisi kembali dengan air radiator sesuai dengan teknis dari mesin mobil setiap 6-8 bulan sekali.

Filter Udara

Filter udara mobil sangat mudah kotor karena debu, sehingga perlu diperiksa dan diganti setiap 6 bulan sekali atau antara 10.000-15.000 km sekali.

Busi

Busi adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengapian. Periksa dan ganti busi setiap 20.000 km sekali. Busi yang baik akan membuat mobil berjalan lebih lancar dan lebih irit bahan bakar.

Kampas Rem

Selain bagian mesin, kampas rem juga perlu diperiksa dan diganti setiap 20.000-25.000 km sekali. Apabila tidak diperbaiki, ini dapat menimbulkan bahaya berupa pengimbasan rem atau membahayakan keselamatan Anda.

Kesimpulan

Melakukan servis berkala merupakan hal yang penting dalam merawat mobil Anda dan meningkatkan performanya. Setelah membaca informasi yang telah disajikan, Anda dapat menentukan frekuensi servis berkala yang harus dilakukan sesuai dengan usia mobil, serta komponen yang harus diperiksa dan/atau diganti. Dengan servis berkala yang tepat, mobil Anda akan tetap nyaman dikendarai dan tetap prima dalam kinerjanya.