Skip to content
Home » Menghitung CC Motor: Panduan Lengkap untuk Para Pecinta Otomotif

Menghitung CC Motor: Panduan Lengkap untuk Para Pecinta Otomotif

Apakah kamu seorang penggemar otomotif? Jika iya, pastinya kamu paham betul bahwa salah satu hal penting yang harus kamu ketahui adalah mengenai penghitungan CC motor. CC atau Cubic Centimeter merupakan ukuran kapasitas mesin pada sebuah kendaraan bermotor. Semakin besar CC motor, semakin besar pula kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan. Yuk, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Menghitung CC Motor?

Sebelum membahas mengenai cara menghitung CC motor, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu CC motor dan apa pengaruhnya pada kinerja kendaraan. Setiap mesin motor memiliki kapasitas volume silinder yang berbeda-beda, yang dinilai dalam satuan kubik sentimeter (CC). Volume silinder ini menentukan besarnya ruang pembakaran dan jumlah bahan bakar yang bisa dibakar atau dihasilkan dalam setiap siklus mesin.

Semakin besar kapasitas mesin pada sebuah kendaraan, semakin besar pula tenaganya. Karenanya, orang biasanya memilih motor dengan CC yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil, ya!

Cara Menghitung CC Motor

Setelah kamu memahami apa itu CC motor dan bagaimana pengaruhnya pada kinerja kendaraan, kini saatnya kamu mempelajari cara menghitungnya. Ada dua cara yang umum digunakan, yaitu:

1. Mengukur volume silinder mesin

Cara pertama ini dilakukan dengan melihat volume silinder mesin pada kendaraan, yang biasanya tertera pada buku manual atau spesifikasi kendaraan. Kamu juga bisa mengecek di bagian mesin, di mana biasanya terdapat plat yang menunjukkan jenis mesin dan kapasitas volume silindernya. Setelah menemukannya, kamu bisa mengalikan tiga ukuran pada silinder, yaitu diameter piston, stroke, dan jumlah silinder.

Rumusnya: CC = pi x (diameter piston / 2)^2 x stroke x jumlah silinder

BACA JUGA:   Tips Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil dengan Penggunaan Ram Air Intake

2. Menghitung dengan mengukur tenaga maksimal mesin

Cara kedua ini lebih mudah dilakukan karena kamu hanya perlu mengetahui tenaga maksimal mesin pada kendaraan, yang biasanya juga tertera pada buku manual atau spesifikasi kendaraan. Kemudian, kamu bisa mengacu pada rumus yang disediakan oleh para ahli untuk menghitung CC motor berdasarkan tenaga maksimal mesin.

Rumusnya: CC = tenaga maksimal / (rumus matematika)

Rumus matematika pada umumnya termasuk penggunaan logaritma dan beberapa angka konstan.

Mengapa Penting Menghitung CC Motor?

Menghitung CC motor sangat penting untuk memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya. Semakin besar kapasitas mesin, semakin besar pula tenaganya, namun semakin tinggi pula konsumsi bahan bakarnya. Karenanya, menghitung CC motor juga dapat membantu kamu memilih kendaraan yang irit bahan bakar sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Menghitung CC motor merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh para penggemar otomotif. Ada dua cara yang umum digunakan, yaitu mengukur volume silinder mesin dan menghitung dengan mengukur tenaga maksimal mesin. Memilih kendaraan dengan CC yang sesuai dengan kebutuhan sangat penting agar kamu dapat menggunakan kendaraan dengan nyaman dan irit bahan bakar. Jangan ragu untuk mencoba menghitung CC motor pada kendaraanmu sendiri, siapa tahu kamu bisa menemukan lebih banyak lagi informasi yang berguna tentang kendaraan tersebut!