Skip to content
Home » Mengetahui Lebih Jauh tentang Skema CDI Supra

Mengetahui Lebih Jauh tentang Skema CDI Supra

Sebagai penggemar otomotif, tentu kita sudah tidak asing dengan nama CDI. CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah sebuah sistem pengapian pada mesin kendaraan bermotor. Komponen ini sangat penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil serta mempercepat proses pembakaran. Salah satu jenis kendaraan bermotor yang menggunakan sistem CDI adalah Honda Supra. Namun, bagaimana sebenarnya skema CDI pada Honda Supra bekerja?

Apa itu Skema CDI Supra?

Skema CDI Supra adalah urutan kelistrikan pada mesin kendaraan Honda Supra yang mengatur pembakaran dan pengapian. Skema CDI Supra terdiri dari beberapa komponen seperti koil, magneto, pulser dan kondensor. Setiap komponen tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kinerja mesin Honda Supra tetap optimal.

Bagaimana Skema CDI Supra Bekerja?

Berdasarkan skema CDI Supra, saat kunci kontak dinyalakan maka listrik akan mengalir dari baterai ke koil melalui kabel. Kemudian, listrik yang masuk ke koil tersebut akan menimbulkan medan magnet yang akan menghasilkan arus AC melalui kabel sekunder. Arus listrik tersebut akan mengalir ke magneto yang kemudian akan memicu arus listrik DC pada koil. Arus listrik pada koil akan meningkat dan menyebabkan medan magnet yang lebih kuat sehingga dapat memicu arus keluar yang lebih besar. Selanjutnya, arus listrik akan mengalir ke pulser dan kemudian menuju CDI. CDI akan mengkonversi arus DC menjadi pulsa listrik yang kemudian diteruskan ke coil. Pada akhirnya, proses pengapian mesin pada Honda Supra akan terjadi.

Mengapa Penting Untuk Mengetahui Skema CDI Supra?

Mengetahui skema CDI Supra penting bagi pengguna Honda Supra karena memungkinkan mereka untuk memahami bagaimana mesin Honda Supra bekerja dan dapat berfungsi pada tingkat efisiensi yang optimal. Jika ada masalah yang timbul pada komponen CDI Supra, maka pengguna dapat mengidentifikasi secara tepat dimanakah masalah tersebut dan dapat memperoleh solusi yang tepat.

BACA JUGA:   Langkah Keren Meningkatkan Kinerja Mobil Anda

Kesimpulan

Skema CDI Supra adalah komponen penting dalam pengapian mesin Honda Supra. Mengetahui skema CDI Supra secara detail akan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kelistrikan mesin kendaraan serta memudahkan dalam mengidentifikasi masalah pada komponen tersebut. Semoga penjelasan ini dapat membantu anda untuk lebih memahami fungsi skema CDI Supra dan dapat memperoleh kinerja mesin Honda Supra yang optimal.