Skip to content
Home » Mengenal Tutup Rantai Supra Lama: Fungsi, Jenis, dan Cara Perawatan

Mengenal Tutup Rantai Supra Lama: Fungsi, Jenis, dan Cara Perawatan

Tutup rantai Supra lama adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi pada sepeda motor. Fungsinya adalah melindungi rantai supaya tidak terkena air, debu, dan kotoran lainnya. Selain itu, tutup rantai juga memperindah tampilan sepeda motor dan melindungi rantai dari kerusakan.

Fungsi Tutup Rantai Supra Lama

Tutup rantai merupakan komponen pelengkap pada sepeda motor, terutama pada sepeda motor lama. Tujuan utamanya adalah melindungi rantai dari kerusakan akibat terkena kotoran, air, atau debu. Selain itu, tutup rantai juga memiliki fungsi estetika, karena bisa memberi tampilan yang lebih menarik dan elegan pada sepeda motor.

Jenis Tutup Rantai Supra Lama

Tutup rantai Supra lama umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik. Ada dua jenis tutup rantai Supra lama yang biasa digunakan, yaitu:

  1. Tutup rantai standar
    Tutup rantai standar adalah jenis tutup rantai yang digunakan pada sepeda motor lama dengan sistem transmisi standar. Tutup rantai ini umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran rantai sepeda motor.

  2. Tutup rantai racing
    Tutup rantai racing adalah jenis tutup rantai yang digunakan pada sepeda motor racing untuk meningkatkan performa sepeda motor. Tutup rantai ini umumnya terbuat dari bahan yang lebih ringan, seperti carbon fiber atau fiber glass. Selain itu, tutup rantai racing juga memiliki bentuk dan desain yang khusus untuk meningkatkan aerodinamika sepeda motor.

Cara Merawat Tutup Rantai Supra Lama

Untuk menjaga keawetan dan fungsi dari tutup rantai Supra lama, perlu dilakukan perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara merawat tutup rantai Supra lama:

  1. Jangan terkena sinar matahari langsung
    Tutup rantai Supra lama terbuat dari bahan karet atau plastik yang bisa rusak akibat terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, hindari meletakkan sepeda motor di bawah sinar matahari yang terik.

  2. Bersihkan secara rutin
    Membersihkan tutup rantai Supra lama secara rutin dapat menghindari penumpukan kotoran yang dapat merusak bahan tutup rantai. Gunakan sabun dan air untuk membersihkan tutup rantai dengan lembut.

  3. Hindari penggunaan bahan kimia
    Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau abrasif untuk membersihkan tutup rantai Supra lama. Penggunaan bahan kimia dapat merusak bahannya dan membuatnya menjadi rusak.

BACA JUGA:   Penyebab Kompresi Motor Hilang

Kesimpulan

Tutup rantai Supra lama merupakan salah satu komponen penting pada sistem transmisi sepeda motor. Fungsinya melindungi rantai dari kotoran dan air, serta memberi tampilan yang lebih menarik pada sepeda motor. Untuk menjaga keawetan dan fungsi dari tutup rantai Supra lama, perlu dilakukan perawatan yang tepat, seperti menghindari sinar matahari langsung, membersihkan secara rutin, dan menghindari penggunaan bahan kimia. Selamat merawat tutup rantai sepeda motor Anda!