Skip to content
Home » Mengenal Rangkaian Sekring 20 Ampere di Mobil

Mengenal Rangkaian Sekring 20 Ampere di Mobil

Sebagai seorang pengemudi, kita pasti ingin mobil yang kita gunakan berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja mobil, salah satunya adalah kebersihan rangkaian listrik.

Rangkaian listrik pada mobil sangat penting karena ia berfungsi sebagai penghubung antara komponen mobil seperti lampu, audio, mesin, dan lain sebagainya. Tetapi, ketika ada arus listrik yang berlebihan, bisa terjadi korsleting atau bahkan kebakaran. Oleh karena itu, sekring merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian listrik mobil.

Apa itu Sekring?

Sekring adalah alat pelindung yang terpasang di dalam rangkaian listrik. Fungsi utama sekring adalah melindungi rangkaian listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh arus yang berlebihan. Saat arus listrik yang mengalir terlalu besar, sekring akan memutuskan arus dan mencegah kerusakan pada komponen atau bahkan mobil.

Mengapa Sekring Penting dalam Mobil?

Sekring sangat penting dalam mobil karena dalam mobil terdapat banyak sekali alat elektronik yang mengandalkan listrik. Tanpa adanya sekring, arus listrik yang berlebihan dapat merusak rangkaian listrik dan menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan atau bahkan terbakar.

Apa itu Sekring 20 Ampere?

Sekring 20 Ampere adalah salah satu jenis sekring yang digunakan dalam mobil sebagai pelindung rangkaian listrik. Sekring 20 Ampere ini biasanya digunakan untuk melindungi komponen yang memiliki daya tinggi seperti kipas radiator, pompa bahan bakar, dan kipas AC.

Cara Kerja Sekring 20 Ampere

Sekring 20 Ampere bekerja berdasarkan hukum Ohm yaitu hukum yang menyatakan bahwa besar arus listrik yang mengalir dalam sebuah rangkaian sebanding dengan beda potensial pada ujung rangkaian. Saat arus listrik yang melewati sebuah rangkaian lebih besar dari batas yang ditentukan, sekring 20 Ampere akan memutuskan arus listrik dan memutuskan aliran listrik ke komponen.

BACA JUGA:   Cara Membuat Suara Knalpot Ninja Garing

Menjaga Rangkaian Listrik Mobil yang Baik

Agar rangkaian listrik dalam mobil tetap berfungsi dengan baik, diperlukan perawatan yang baik. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan adalah:

  • Pastikan sambungan kabel/konektor dalam keadaan baik dan tidak rusak
  • Membersihkan sisa-sisa air atau kotoran pada sambungan kabel/konektor
  • Periksa tegangan baterai secara berkala
  • Pastikan sekring yang dipakai sudah sesuai dan tidak terlalu kuat untuk komponen yang dilindungi

Dengan menjaga perawatan yang baik, kita bisa mencegah kerusakan pada rangkaian listrik mobil dan membuat mobil berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

Sekring 20 Ampere merupakan salah satu jenis sekring yang penting dalam melindungi rangkaian listrik mobil. Arus listrik yang berlebihan dapat membuat rangkaian listrik rusak dan bahkan menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, perawatan yang baik pada rangkaian listrik sangat penting agar mobil tetap berjalan dengan lancar.