Skip to content
Home ยป Mengenal Rangka Drag Jupiter Z yang Sangat Powerful

Mengenal Rangka Drag Jupiter Z yang Sangat Powerful

Rangka drag Jupiter Z adalah salah satu komponen yang sering diupgrade oleh para pemilik motor untuk meningkatkan performa mesinnya.

Dalam balap drag bike, performa mesin bukanlah satu-satunya faktor yang penting. Rangka pun menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar. Dengan rangka yang tepat, motor bisa meraih kecepatan yang lebih tinggi, lebih stabil dalam melewati rintangan, dan mampu mempertahankan laju motor dengan lebih baik.

Rangka yang digunakan pada Jupiter Z sendiri sudah cukup kaku dan kokoh. Namun, banyak pula para modifikator yang melakukan beberapa perubahan pada rangka untuk menambah performa motor mereka. Berikut adalah beberapa jenis rangka drag Jupiter Z yang banyak dipakai para modifikator untuk meningkatkan performa motor mereka:

Rangka Underbone

Rangka underbone adalah jenis rangka yang banyak digunakan untuk Jupiter Z. Rangka jenis ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah bobot yang ringan sehingga mampu meningkatkan akselerasi dan kecepatan motor.

Selain itu, rangka underbone juga memiliki torsi yang lebih kuat, sehingga motor mampu melaju dengan lebih stabil. Ketika melewati tikungan yang tajam, rangka underbone akan memberikan perlindungan yang cukup untuk pemilik motor.

Rangka Monocross

Rangka Monocross adalah rangka yang sering digunakan pada motor Yamaha. Meskipun pada awalnya dipakai pada motor trail, namun kini rangka Monocross sudah banyak digunakan pada motor sport seperti Jupiter Z.

Kelebihan dari rangka Monocross ini adalah kemampuannya dalam menyerap guncangan dan getaran. Hal ini sangat berguna ketika motor melewati permukaan jalan yang tidak rata atau berlumpur. Selain itu, rangka Monocross juga memiliki kemampuan dalam menstabilkan mesin ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:   Tanda-tanda Motor Turun Mesin: Penyebab dan Solusinya

Rangka Twin Spar

Rangka Twin Spar memiliki konstruksi yang berbeda dengan rangka underbone dan Monocross. Rangka ini menggunakan dua balok sebagai tulang punggung rangka. Kaki-kaki dan mesin motor diletakkan pada dua balok tersebut.

Kelebihan dari rangka Twin Spar adalah kelincahan dalam melakukan manuver pada tikungan tajam. Selain itu, rangka ini juga sangat kokoh, sehingga mampu menahan kekuatan mesin yang besar. Namun, kekurangan dari rangka Twin Spar adalah bobot yang lebih berat dibandingkan rangka underbone.

Rangka Trellis

Rangka Trellis mirip dengan rangka Twin Spar, namun memiliki konstruksi yang lebih rumit. Rangka ini terdiri dari banyak balok tipis yang disusun secara horizontal dan vertikal. Rangka ini memiliki kelebihan dalam mampu menahan kekuatan mesin yang besar.

Namun, rangka Trellis memiliki kelemahan dari segi bobot dan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan rangka jenis lainnya. Namun jika Anda memiliki budget yang lebih, rangka Trellis bisa jadi pilihan yang sangat bagus.

Demikianlah beberapa jenis rangka drag Jupiter Z yang banyak digunakan oleh para modifikator motor. Dalam memilih rangka, pastikan rangka yang Anda pilih sesuai dengan tipe mesin Jupiter Z yang Anda miliki. Selain itu, pastikan juga Anda membeli rangka yang berkualitas dan sesuai dengan standar balap drag bike.

Dengan memilih rangka yang tepat, performa motor Jupiter Z Anda akan lebih optimal, lebih stabil, dan mampu meraih kecepatan yang lebih tinggi. Selamat mencoba!