Skip to content
Home » Mengenal Intake Air Pressure Sensor pada Yamaha Vixion

Mengenal Intake Air Pressure Sensor pada Yamaha Vixion

Intake Air Pressure Sensor atau sering disingkat IAPS merupakan sensor yang sangat penting pada sepeda motor Yamaha Vixion. Fungsinya adalah untuk mengukur tekanan udara pada saluran intake dan memberikan informasi kepada ECU (Electronic Control Unit) untuk mengontrol bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar.

Pentingnya Sensor IAPS pada Yamaha Vixion

Sensor IAPS pada Yamaha Vixion sangat penting karena ia berperan dalam mengontrol campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin. Ketika sensor ini mengukur tekanan udara yang masuk ke intake, informasi tekanan tersebut kemudian dikirim ke ECU untuk membuat keputusan mengenai jumlah bahan bakar yang harus disemprotkan ke dalam ruang bakar.

Jika tekanan udara yang masuk ke intake bertambah, IAPS akan memperingatkan ECU untuk menyemprotkan lebih banyak bahan bakar ke ruang bakar. Sebaliknya, jika tekanan udara berkurang, sensor ini akan memberitahu ECU untuk menyemprotkan lebih sedikit bahan bakar. Hal ini membuat campuran bahan bakar dan udara tetap seimbang dan menghasilkan pembakaran yang lebih optimal.

Gejala Kerusakan Sensor IAPS pada Yamaha Vixion

Meskipun IAPS merupakan bagian penting dari sistem bahan bakar pada Yamaha Vixion, namun sayangnya sensor ini rentan mengalami kerusakan. Gejala kerusakan sensor IAPS pada Yamaha Vixion antara lain adalah:

  • Pada saat mesin hidup, lampu check engine menyala terus menerus
  • Motor sulit dihidupkan
  • Gas tidak responsif dan motor terasa lambat

Jika mengalami gejala seperti ini, segeralah mengganti IAPS pada bengkel resmi Yamaha agar motor tetap berjalan dengan optimal.

Perawatan Sensor IAPS pada Yamaha Vixion

Untuk menjaga kinerja IAPS pada Yamaha Vixion tetap optimal, perawatan yang rutin perlu dilakukan. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat dilakukan:

  • Bersihkan IAPS secara berkala dari kotoran dan debu
  • Pastikan sensor terpasang dengan baik dan tidak ada celah yang dapat membuat udara bocor
  • Ganti IAPS secara berkala sesuai dengan rekomendasi bengkel resmi Yamaha
BACA JUGA:   Persamaan Kampas Kopling Byson

Jadi, itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai Intake Air Pressure Sensor pada Yamaha Vixion. Sensor ini sangat penting untuk menjaga kinerja motor tetap optimal dan perawatan yang rutin dapat membantu memperpanjang umur sensor tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi bengkel resmi Yamaha untuk menjaga kinerja motor Anda tetap optimal.