Skip to content
Home » Lampu Injeksi Menyala Terus? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lampu Injeksi Menyala Terus? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika Anda seorang pengemudi mobil, pastinya Anda mengenal tanda lampu injeksi yang berada di dashboard mobil Anda. Lampu ini biasanya menyala sekali saat mobil dinyalakan untuk menandakan bahwa sistem injeksi bahan bakar bekerja dengan baik. Namun, jika lampu injeksi menyala terus menerus, itu bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan sistem injeksi ini.

Jangan panik jika Anda mengalami hal tersebut. Ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa lampu injeksi selalu menyala. Di artikel ini, kami akan membahas penyebab-penyebab tersebut dan cara mengatasinya.

1. Sensor Injeksi Rusak

Penyebab utama lampu injeksi menyala terus adalah sensor injeksi yang rusak atau tidak bekerja dengan baik. Sensor ini bertugas untuk memonitor cairan pendingin, tekanan oli, dan bahan bakar yang masuk ke mesin mobil. Jika sensor ini rusak, maka informasi yang diterima oleh ECU (Electronic Control Unit) akan salah, sehingga lampu injeksi juga akan menyala terus.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian sensor injeksi tersebut. Pastikan Anda membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk melakukan penggantian ini agar sensor yang diganti sesuai dengan merek mobil Anda.

2. Tegangan Baterai Rendah

Selain sensor injeksi yang rusak, penyebab lain lampu injeksi menyala terus adalah tegangan baterai yang rendah. Tegangan baterai yang rendah dapat mempengaruhi kinerja sistem injeksi dan menyebabkan lampu injeksi menyala terus.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai mobil yang sudah lemah dengan baterai baru yang berkualitas. Pastikan Anda memilih baterai yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda.

3. Kondisi Busi yang Buruk

Busi yang buruk juga dapat menjadi penyebab lampu injeksi selalu menyala. Busi yang kotor atau aus dapat mempengaruhi kinerja sistem injeksi dan menyebabkan lampu injeksi menyala terus.

BACA JUGA:   Cara Memperbaiki Lampu Eco Mati

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian busi tersebut. Pastikan Anda memilih busi yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda.

4. Masalah pada Sistem Injeksi

Jika ketiga penyebab di atas sudah diperbaiki namun lampu injeksi masih tetap menyala, maka kemungkinan besar ada masalah pada sistem injeksi mobil Anda. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti pompa bahan bakar yang rusak atau filter bahan bakar yang tersumbat.

Cara mengatasinya adalah dengan membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk melakukan perbaikan pada sistem injeksi. Pastikan bengkel tersebut memiliki teknisi yang ahli dalam memperbaiki masalah pada sistem injeksi mobil.

Kesimpulan

Lampu injeksi yang menyala terus adalah pertanda bahwa ada masalah pada sistem injeksi mobil Anda. Namun, jangan panik jika Anda mengalami hal ini. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya, seperti penggantian sensor injeksi, penggantian baterai mobil, penggantian busi, dan perbaikan pada sistem injeksi.

Selalu perhatikan lampu injeksi pada dashboard mobil Anda. Jika lampu tersebut menyala terus, segeralah periksakan mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.