Skip to content
Home » Lampu Injeksi Hidup, Apa yang Harus Dilakukan?

Lampu Injeksi Hidup, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika lampu injeksi di mobil Anda tiba-tiba menyala, Anda mungkin akan merasa khawatir. Pada artikel ini, kita akan membahas apa yang harus dilakukan ketika lampu injeksi menyala.

Apa itu Lampu Injeksi?

Lampu injeksi adalah lampu peringatan pada dashboard mobil yang menunjukkan bahwa ada masalah dengan sistem bahan bakar atau sistem pengapian. Saat lampu ini menyala, itu menandakan bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki segera.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Injeksi Menyala?

Ketika lampu injeksi menyala, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan mobil Anda secepat mungkin. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda dan bahkan bisa membantu Anda dan pengemudi lainnya tetap aman di jalan.

Setelah Anda berhenti, lihat apakah Anda menemukan tanda-tanda kesalahan. Jika lampu berkedip atau menyala dengan warna yang berbeda, ini mungkin menunjukkan adanya jenis kesalahan yang berbeda. Anda bisa mengacu pada buku panduan atau bimbingan untuk memastikan jenis kesalahan yang terdeteksi oleh lampu injeksi.

Pemeriksaan Ringkas

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan ketika lampu injeksi menyala adalah melakukan pemeriksaan ringkas. Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau tidak terhubung dengan benar. Periksa juga apakah tutup bahan bakar sudah tertutup rapat, karena seringkali lampu injeksi menyala karena ini.

Memeriksa Kode Kesalahan

Hal lain yang bisa dilakukan ketika lampu injeksi menyala adalah memeriksa kode kesalahan. Anda bisa menggunakan alat pembaca kode kesalahan untuk mengetahui kesalahan yang terjadi pada mobil Anda. Anda bisa memeriksa alat pembaca kode kesalahan secara online atau membelinya langsung dari toko alat-alat automotif.

Setelah mengetahui kode kesalahan, Anda bisa mengambil tindakan yang sesuai. Bila terdapat kesalahan pada sistem bahan bakar, Anda bisa memeriksa pompa bahan bakar atau filternya. Bila terdapat kesalahan pada sistem pengapian, biasanya disebabkan oleh kerusakan pada busi atau kabel busi.

BACA JUGA:   Ukuran Rantai Vega ZR

Kesimpulan

Ketika lampu injeksi menyala, berhentilah mobil secepatnya dan lakukan pemeriksaan ringkas. Jika tidak menemukan masalah pada pemeriksaan ringkas, periksakan kode kesalahan untuk mengetahui masalah yang terjadi dan memperbaikinya sesuai dengan kesalahan yang terdeteksi.

Jangan pernah mengabaikan lampu injeksi yang menyala. Tidak melakukan perbaikan secepatnya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah, yang nantinya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih mahal untuk diperbaiki. Selalu memeriksa lampu injeksi dan segera melakukan perbaikan ketika lampu ini menyala.