Skip to content
Home » Laher Roda Belakang Jupiter Z: Kenali Fungsinya dan Cara Perawatannya

Laher Roda Belakang Jupiter Z: Kenali Fungsinya dan Cara Perawatannya

Jupiter Z merupakan salah satu motor bebek andalan dari Yamaha yang telah merajai pasar otomotif Indonesia selama puluhan tahun. Mesinnya yang tangguh dan efisien telah diakui oleh banyak kalangan, khususnya para penggemar motor bebek. Namun, seperti halnya motor-motor lainnya, Jupiter Z juga membutuhkan perawatan rutin agar dapat tetap berjalan dengan baik.

Bagian penting dari motor yang perlu diperhatikan adalah laher roda belakang. Fungsi laher roda belakang Jupiter Z adalah untuk mengurangi gesekan antara roda belakang dengan poros roda. Agar motor bisa berjalan dengan lancar, bagian ini perlu selalu dalam kondisi yang optimal, baik itu dari segi fungsi maupun kebersihannya.

Mengenali Gejala Kerusakan Laher Roda Belakang Jupiter Z

Sebagai seorang pengendara motor, Anda harus bisa mengenali gejala kerusakan laher roda belakang Jupiter Z agar segera dapat diambil tindakan perbaikan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang perlu Anda waspadai:

  1. Getaran pada motor ketika melaju di kecepatan tinggi.
  2. Suara aneh dari bagian roda belakang saat berjalan.
  3. Terdengar suara berdesis atau bergesekan ketika motor berbelok.
  4. Roda belakang terasa lebih berat saat ditarik atau didorong.

Jika mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya Anda segera membawa motor ke bengkel untuk diperiksa. Jangan biarkan kondisi yang memburuk karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar dan biaya perbaikan yang lebih mahal.

Cara Merawat Laher Roda Belakang Jupiter Z

Perawatan laher roda belakang Jupiter Z dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan bengkel terpercaya. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri:

1. Membersihkan Bagian Laher Roda Belakang

Membersihkan bagian laher roda belakang merupakan langkah pertama dalam perawatan. Pastikan bahwa area di sekitar laher roda belakang bersih dari kotoran, seperti sisa oli dan kotoran dari jalan raya. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan laher roda belakang dari sisa kotoran dengan menggunakan kain atau sikat yang lembut.

BACA JUGA:   Mobil Listrik: Apa Manfaatnya?

2. Menambahkan Pelumas

Setelah membersihkan laher roda belakang, langkah selanjutnya adalah menambahkan pelumas. Pastikan Anda menggunakan pelumas yang sesuai dengan merek motor Anda dan ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Sebaiknya tambahkan pelumas pada laher roda belakang secara berkala, sesuai dengan yang tercantum pada buku manual.

3. Memeriksa Keausan

Anda juga perlu memeriksa keausan pada laher roda belakang secara berkala. Umumnya, laher roda belakang perlu diganti setiap 20.000 km atau sesuai dengan rekomendasi dari bengkel. Jika Anda menemukan tanda-tanda keausan, sebaiknya segera ganti laher roda belakang untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Kesimpulan

Laher roda belakang Jupiter Z merupakan bagian yang penting dalam motor bebek Anda. Mengenali gejala kerusakan dan melakukan perawatan rutin dapat membantu menjaga kondisi motor tetap optimal. Jangan ragu untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel terpercaya jika mengalami gejala kerusakan yang mencurigakan. Demikianlah beberapa tips perawatan laher roda belakang Jupiter Z yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat!