Skip to content
Home ยป Kode SAE pada Minyak Pelumas Menentukan

Kode SAE pada Minyak Pelumas Menentukan

Minyak pelumas adalah salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan untuk melindungi mesin dari keausan dan kerusakan. Kode SAE pada minyak pelumas menentukan viskositasnya, atau seberapa tebal minyak tersebut dalam berbagai suhu. Pemilihan minyak pelumas yang tepat dengan kode SAE yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda.

Mengenal Kode SAE

SAE adalah singkatan dari Society of Automotive Engineers. Mereka menciptakan sistem kode viskositas SAE yang digunakan di seluruh dunia. Kode SAE mengandung dua angka yang terpisah oleh huruf ‘W’. Angka pertama menunjukkan viskositas minyak pelumas pada suhu dingin, sementara angka kedua menunjukkan viskositas minyak pada suhu panas. Semakin tinggi angka, semakin tinggi viskositas minyak pelumas tersebut.

Kode SAE pada Minyak Pelumas Dingin

Angka pertama pada kode SAE menunjukkan viskositas minyak pelumas pada suhu dingin. Visikositas yang tepat pada suhu dingin sangat penting untuk memastikan mesin kendaraan dapat dihidupkan dan berfungsi dengan baik pada suhu rendah. Jika viskositas terlalu tinggi, mesin mungkin sulit untuk dihidupkan atau bahkan gagal untuk beroperasi pada suhu rendah.

Sebagai contoh, minyak pelumas dengan kode SAE 5W-30 memiliki viskositas yang lebih rendah pada suhu dingin daripada minyak pelumas dengan kode SAE 10W-30. Oleh karena itu, minyak pelumas dengan kode SAE 5W-30 lebih cocok untuk daerah yang memiliki suhu dingin.

Kode SAE pada Minyak Pelumas Panas

Angka kedua pada kode SAE menunjukkan viskositas minyak pelumas pada suhu panas. Viskositas yang tepat pada suhu panas sangat penting untuk melindungi mesin dari keausan dan kerusakan. Jika viskositas terlalu rendah, minyak pelumas mungkin terlalu encer dan tidak dapat melumasi mesin dengan baik.

BACA JUGA:   Perbedaan Per Shock Depan NMAX

Sebagai contoh, minyak pelumas dengan kode SAE 10W-30 memiliki viskositas yang lebih rendah pada suhu panas daripada minyak pelumas dengan kode SAE 20W-50. Oleh karena itu, minyak pelumas dengan kode SAE 20W-50 lebih cocok untuk daerah yang memiliki suhu panas yang tinggi dan kendaraan yang beroperasi dalam kondisi yang keras.

Memilih Minyak Pelumas dengan Kode SAE yang Tepat

Memilih minyak pelumas dengan kode SAE yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda. Pastikan untuk merujuk pada buku petunjuk kendaraan Anda atau mengonsultasikan mekanik Anda untuk menentukan kode SAE yang tepat untuk kendaraan Anda. Pilih minyak pelumas yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda.

Kesimpulan

Minyak pelumas adalah bagian penting dari kendaraan Anda untuk menjaga kesehatan mesin dan melindunginya dari keausan dan kerusakan. Kode SAE pada minyak pelumas menentukan viskositasnya pada suhu dingin dan panas. Pemilihan minyak pelumas dengan kode SAE yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda. Pilih minyak pelumas yang sesuai dengan buku petunjuk kendaraan Anda dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda dalam jangka waktu yang lama.