Skip to content
Home » Kode Mil Vixion: Memahami Mesin Sang Legenda

Kode Mil Vixion: Memahami Mesin Sang Legenda

Jika Anda adalah penggemar dunia otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan Yamaha Vixion. Meskipun sudah memiliki banyak varian, tidak bisa dipungkiri bahwa legenda dari Yamaha ini tetap merajai pasar motor di Indonesia. Ada berbagai alasan mengapa Vixion tetap menjadi yang terbaik, salah satunya adalah mesinnya yang andal dan memiliki kode mil Vixion yang menjadi pertanyaan bagi para penggemar.

Namun, sebelum membahas kode mil Vixion, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang membuat mesin Vixion begitu legendaris. Pertama-tama, Vixion dilengkapi dengan mesin 4 langkah twin-cylinder 149cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 17 HP pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi fuel injection (FI) dan liquid-cooled untuk menjaga stabilitas suhu.

Selain itu, Yamaha Vixion juga menggunakan sistem transmisi 6 percepatan yang menjadikan motor ini memiliki performa yang mumpuni dan irit bahan bakar. Dengan menggunakan teknologi Yamaha Blue Core, Vixion bisa memberikan akselerasi yang lebih cepat dan responsif, sementara konstruksi lightweight dan compactnya menjadikan motor ini lebih mudah dikendalikan.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kode mil Vixion yang sering menjadi bahan perbincangan di dunia otomotif? Kode ini sebenarnya merujuk pada jarak tempuh yang dapat dicapai oleh mesin Vixion sebelum perlu di-service. Pada mesin Vixion, setiap kali jarak tempuh mencapai angka tertentu, ECU (Electronic Control Unit) akan memberikan sinyal untuk proses servis agar mesin tetap awet dan andal.

Pada Vixion terbaru, jarak tempuh yang perlu di-service adalah setiap 20.000 km untuk servis besar dan 4.000 km untuk servis kecil. Namun, pastikan untuk mengecek pada buku manual Vixion Anda sendiri untuk mengetahui jarak tempuh yang sesuai dengan varian mesin yang digunakan.

BACA JUGA:   Koil Jupiter Z: Peningkatan Kinerja dan Daya Tahan Mesin Anda

Semua mesin pasti memiliki masa hidup, dan bila dirawat dengan baik, mesin Vixion dapat tahan lebih lama dan memiliki performa yang optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan servis secara teratur dan mengganti suku cadang yang rusak agar motor tetap prima.

Dalam memilih suku cadang pengganti, pastikan untuk memilih suku cadang asli Yamaha. Memilih suku cadang berkualitas rendah atau palsu bisa berdampak serius pada mesin dan kinerja motor. Suku cadang asli Yamaha memiliki kualitas dan ketahanan yang terbaik, sehingga mesin Vixion bisa bekerja secara optimal.

Jadi, itulah sedikit pembahasan mengenai kode mil Vixion dan hal-hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai mesin sang legenda. Dalam membeli dan merawat motor tersebut, pastikan untuk selalu memperhatikan jarak tempuh, memilih suku cadang berkualitas dan melakukan servis secara teratur sehingga mesin Vixion Anda dapat terus bekerja dalam kondisi optimal.