Skip to content
Home ยป Kode Kerusakan 12 pada Aerox 155: Penyebab dan Solusinya

Kode Kerusakan 12 pada Aerox 155: Penyebab dan Solusinya

Jika Anda pemilik Yamaha Aerox 155, Anda mungkin pernah mengalami kode kerusakan 12 yang muncul pada panel instrumen. Apa itu kode kerusakan 12 dan apa penyebabnya? Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang kode kerusakan 12 pada Aerox 155.

Apa itu Kode Kerusakan 12?

Kode kerusakan 12 pada Aerox 155 adalah kode kesalahan sensor tekanan udara (MAP). MAP adalah sensor yang penting untuk menentukan seberapa banyak bahan bakar yang harus disuntikkan ke dalam mesin. Jika sensor ini rusak atau bermasalah, maka dapat menyebabkan mesin menjadi tidak stabil dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien.

Penyebab Kerusakan 12

Kerusakan 12 pada Aerox 155 dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa penyebab umum meliputi:

  • Sensor MAP rusak atau kotor
  • Koneksi yang longgar atau rusak pada sensor MAP
  • Masalah kelistrikan pada sensor MAP
  • Sensor MAP dipasang terbalik.

Solusi untuk Kerusakan 12

Jika Anda mengalami kode kerusakan 12 pada Aerox 155, jangan panik. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba:

  1. Bersihkan Sensor MAP

Jika sensor MAP Anda memiliki kotoran atau debu, maka ini dapat menyebabkan kode kerusakan 12. Membersihkan sensor MAP dapat membantu mengatasi masalah ini.

  1. Periksa Koneksi Sensor MAP

Pastikan bahwa koneksi pada sensor MAP tidak longgar atau rusak. Jika terdapat masalah pada koneksi, maka ini dapat menyebabkan sensor MAP menjadi tidak berfungsi dengan baik.

  1. Periksa Kelistrikan Sensor MAP

Pastikan kabel dan kelistrikan sensor MAP tidak rusak atau bermasalah. Masalah pada kelistrikan dapat menyebabkan sensor MAP rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

  1. Periksa Pemasangan Sensor MAP
BACA JUGA:   Ukuran Roller Vario 110 Karbu: Panduan untuk Memilih Roller yang Tepat

Pastikan bahwa sensor MAP diatur dengan benar dan tidak dipasang terbalik. Jika pemasangan sensor MAP terbalik, maka ini dapat menyebabkan mesin bekerja tidak efisien.

Kesimpulan

Jika Anda mengalami kode kerusakan 12 pada Aerox 155, maka ini menunjukkan bahwa sensor tekanan udara (MAP) bermasalah. Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini, seperti membersihkan sensor, memeriksa koneksi, mengecek kelistrikan, dan memastikan pemasangan yang benar. Penting untuk segera menyelesaikan masalah ini agar mesin Aerox 155 tetap berfungsi dengan baik.