Skip to content
Home ยป Kelebihan dan Kekurangan Roda Belakang Tiger dengan Diameter yang Lebih Besar

Kelebihan dan Kekurangan Roda Belakang Tiger dengan Diameter yang Lebih Besar

Anda mungkin pernah mendengar tentang perubahan pada roda belakang motor Tiger dengan memperbesar diameter, karena memang cukup populer dan menarik bagi para penggemar otomotif. Namun, apakah Anda tahu apa kelebihan dan kekurangan dari perubahan ini? Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengganti roda belakang Tiger Anda dengan yang berdiameter lebih besar.

Kelebihan

Performa Lebih Baik

Diameter roda belakang yang lebih besar dapat meningkatkan performa mesin motor. Semakin besar diameter, semakin tinggi gear ratio yang dapat dicapai oleh motor, sehingga motor akan lebih cepat dan mudah untuk memacu kecepatan tinggi. Ini terutama cocok bagi para pengendara yang suka bermain di jalur trek balap atau jalan raya yang lebih lancar.

Tampilan Menarik

Selain aspek kinerja, perubahan pada roda belakang juga memberikan dampak pada tampilan secara keseluruhan. Semakin besar diameter roda, semakin besar juga kecenderungan untuk membuat tampilan motor Anda menjadi lebih gagah dan unik. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat motor Anda unik dan terlihat lebih menarik, roda belakang Tiger dengan diameter yang lebih besar bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lebih Nyaman dan Stabil

Roda dengan diameter yang lebih besar juga menawarkan stabilitas yang lebih baik dalam mengatasi permukaan jalan yang kurang rata atau bolong-bolong. Ketika Anda melaju dengan kecepatan yang tinggi, roda dengan diameter yang lebih besar dapat membantu untuk mengurangi goncangan dan membuat perjalanan Anda lebih lancar dan nyaman.

Kekurangan

Biaya Yang Lebih Mahal

Salah satu kelemahan dari menggunakan roda belakang yang berdiameter lebih besar tentu saja adalah biaya. Karena ukurannya yang lebih besar, biaya untuk membeli roda baru, memasang dan menyetel ulang suspensi dapat menjadi lebih mahal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan roda dengan diameter lebih besar, pastikan dana yang Anda miliki cukup untuk membiayainya.

BACA JUGA:   Modifikasi N Max 155: Masukkan Sentuhan Personal pada Skutik Yamaha

Mengurangi Torsi

Diameter roda belakang yang lebih besar dapat mengurangi torsi pada mesin motor, yang pada gilirannya dapat menurunkan akselerasi motor. Ini akan menjadi masalah jika Anda suka dengan akselerasi dan mengendarai motor dengan kecepatan yang tinggi.

Menurunkan Kestabilan

Diameter roda belakang yang lebih besar dapat menyebabkan gangguan dalam sistem peredaman getaran. Ini terutama terjadi pada motor dengan suspensi belakang yang lunak dan gampang bergoyang. Selain itu, efek pengereman dan kontrol motor dapat berpotensi menurun jika roda dengan diameter yang lebih besar digunakan.

Kesimpulan

Jadi, meskipun roda belakang Tiger dengan diameter yang lebih besar dapat meningkatkan tampilan motor Anda dan performa baik pada kecepatan yang tinggi, namun juga bisa memberikan dampak buruk jika tidak dipilih secara bijak. Pastikan Anda mempertimbangkan semua faktor kelebihan dan kekurangan di atas sebelum memutuskan untuk mengganti roda belakang Tiger dengan ukuran diameter yang lebih besar. Bacalah juga buku petunjuk dari pabrik motor Anda atau meminta saran dari mekanik sebelum melakukan perubahan. Terima kasih sudah membaca!