Skip to content
Home » Kekurangan Yamaha R15: Kenali Kendaraan Anda dengan Baik

Kekurangan Yamaha R15: Kenali Kendaraan Anda dengan Baik

Yamaha R15 adalah salah satu motor sport yang paling diminati di Indonesia saat ini. Namun, seperti kendaraan lainnya, R15 memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui oleh calon pembeli sebelum memutuskan untuk membelinya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail kekurangan R15 agar Anda dapat memutuskan apakah R15 cocok untuk Anda atau tidak.

Kekurangan R15 yang Harus Diketahui

1. Suspensi Depan yang Kaku

Salah satu kelemahan utama R15 adalah suspensi depan yang terlalu kaku. Hal ini kadang-kadang dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat berkendara di jalan yang berlubang atau kasar. Namun, untuk menyelesaikan masalah ini, Anda dapat mengganti suspensi standar dengan suspensi yang lebih fleksibel atau mengatur ketinggian suspensi dengan modifikasi.

2. Knalpot Yang Terlalu Rendah

Knalpot R15 terletak terlalu rendah di bawah sepeda motor, sehingga mudah menggores jalan atau menghantam tengah jalan ketika melintasi jalan yang berbentuk peluru. Selain itu, knalpot R15 juga terlalu panjang dan berat, yang dapat mempengaruhi performa motor secara keseluruhan. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa memodifikasi knalpot dengan memindahkannya ke posisi yang lebih tinggi atau mengganti dengan knalpot yang lebih pendek.

3. Ergonomi yang Kurang Nyaman

Walaupun R15 telah dirancang dengan baik dan memperlihatkan detail yang halus, namun ergonomi pada sepeda motor ini kurang nyaman. Terkadang posisi duduk terasa terlalu jatuh ke depan, yang mengganggu kenyamanan pengemudi ketika berkendara dalam jarak jauh. Untuk mencegah masalah ini, Anda dapat memodifikasi pegangan, serta penyesuaian posisi kursi, setang dan jepitan yang disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda, agar ergonomi lebih sesuai dan nyaman.

4. Mesin Kurang Bertenaga pada RPM Rendah

Motor sport Yamaha R15 terkenal dengan performanya dalam mesin yang bertenaga pada saat tinggi RPM. Namun, pada RPM yang lebih rendah, mesinnya cenderung kurang bertenaga. Jadi, jika Anda mengendarai pendekatan RPM dalam kota, Anda mungkin merasa sedikit ketakutan.

BACA JUGA:   Klem Spakbor Depan untuk Mobil Anda

5. Kapasitas Tangki Bahan Bakar yang Relatif Kecil

Kapasitas tangki bahan bakar yang relatif kecil, yaitu hanya 11 liter, adalah kekurangan yang perlu diperhatikan. Hal ini mungkin agak tidak nyaman bagi pengemudi yang biasa melakukan perjalanan jarak jauh. Anda harus mengisi ulang bahan bakar lebih sering jika sering menggunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Kesimpulan

Setelah mendapatkan gambaran kekurangan Yamaha R15, Anda dapat membuat keputusan apakah sepeda motor yang satu ini cocok untuk Anda atau tidak. Tetapi, tidak bisa disangkal bahwa R15 adalah salah satu motor sport terbaik di pasaran, dengan kinerja yang luar biasa dan desain yang halus. Namun, sebelum membeli R15, sangat penting untuk mengenal kendaraan Anda dengan baik dan mengetahui betapa umum kekurangan yang ada pada sepeda motor ini.

Jadi, jika Anda mencari motor sport yang mempunyai performa terbaik, pertimbangkan R15. Dengan sedikit modifikasi, Anda dapat menyesuaikan sepeda motor ini dengan kebutuhan Anda, membuat mengendarai lebih nyaman dan aman.