Skip to content
Home » Kanibal Rasio Jupiter Z: Apa Itu, Apakah Perlu, dan Bagaimana Memasangnya

Kanibal Rasio Jupiter Z: Apa Itu, Apakah Perlu, dan Bagaimana Memasangnya

Jupiter Z adalah salah satu motor paling populer di Indonesia dan sudah ada sejak lama. Meskipun sudah ada banyak versi terbaru, Jupiter Z tetap menjadi motor yang paling banyak dimodifikasi di Indonesia. Salah satu modifikasi yang paling populer adalah kanibal rasio. Apa itu kanibal rasio? Apakah perlu? Bagaimana memasangnya? Artikel ini akan membahas semuanya.

Apa itu kanibal rasio?

Kanibal rasio adalah proses mengganti rasio gigi pada transmisi Jupiter Z dengan rasio gigi dari motor lain. Ini dilakukan untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan maksimal motor. Misalnya, Anda dapat menggunakan rasio gigi dari Yamaha R15 untuk mendapatkan akselerasi yang lebih baik pada Jupiter Z Anda.

Apakah perlu?

Sebelum memutuskan untuk menginstal kanibal rasio pada Jupiter Z Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkan peningkatan akselerasi atau kecepatan maksimal. Jika Anda hanya menggunakannya untuk berkeliling kota, Anda mungkin tidak perlu melakukan modifikasi ini.

Kedua, pastikan bahwa Anda mengetahui perbedaan antara rasio gigi yang diinstal saat ini dan rasio gigi yang akan dipasang. Jika perbedaan terlalu besar, modifikasi ini mungkin tidak berguna atau bahkan berbahaya.

Ketiga, pastikan Anda memahami konsekuensi dari modifikasi ini. Kanibal rasio bisa meningkatkan kecepatan maksimal, tetapi dapat merusak mesin karena terlalu banyak dipaksakan.

Bagaimana memasangnya?

Jika Anda memutuskan untuk menginstal kanibal rasio pada Jupiter Z Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai. Pertama, pastikan Anda memiliki cukup pengalaman dan keahlian dalam bidang mekanik. Jika tidak, sebaiknya Anda meminta bantuan dari mekanik profesional.

Kedua, pastikan Anda memiliki semua alat yang dibutuhkan. Ini termasuk kunci diukur, palu, kunci roda gigi, dll. Pastikan Anda memiliki semua alat yang tepat sebelum memulai.

BACA JUGA:   Penyebab Motor Ngempos di Putaran Atas

Ketiga, pastikan Anda memiliki rasio gigi yang tepat. Ini bisa didapatkan dari toko suku cadang atau toko modifikasi motor.

Setelah semua persiapan telah dilakukan, langkah-langkah berikut harus diikuti:

  1. Letakkan Jupiter Z di atas stang atau bengkel.

  2. Lepaskan transmisi dari mesin.

  3. Lepaskan kunci roda gigi dari transmisi.

  4. Ganti rasio gigi lama dengan yang baru.

  5. Pasang kembali transmisi ke mesin.

  6. Tes motor untuk memastikan semua berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Kanibal rasio adalah modifikasi yang sering dilakukan pada Jupiter Z untuk meningkatkan akselerasi dan kecepatan maksimal. Namun, sebelum melakukan modifikasi, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya dan memahami potensi risikonya. Jangan sungkan untuk meminta bantuan dari mekanik profesional jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam bidang ini. Dengan tindakan pencegahan yang benar, kanibal rasio dapat menjadi modifikasi yang sangat efektif pada Jupiter Z Anda.