Skip to content
Home ยป Kampas Ganda Jupiter MX Lama: Solusi Untuk Anda yang Mengalami Masalah Rem

Kampas Ganda Jupiter MX Lama: Solusi Untuk Anda yang Mengalami Masalah Rem

Jika Anda mengendarai Jupiter MX lama dan mengalami masalah pada sistem rem, mungkin solusinya adalah dengan mengganti kampas ganda. Seperti yang kita ketahui, kampas ganda berfungsi untuk memperlambat putaran roda ketika rem ditekan. Apabila kampas ganda sudah aus, maka fungsi rem pun tidak akan efektif dan mengancam keselamatan Anda saat berkendara.

Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membahas tentang kampas ganda Jupiter MX lama, termasuk jenis-jenis, cara merawat, serta tanda-tanda yang menunjukkan kampas ganda perlu diganti.

Jenis-jenis Kampas Ganda Jupiter MX Lama

Sebelum membahas lebih jauh tentang kampas ganda untuk Jupiter MX, mari kita lihat terlebih dahulu jenis-jenisnya. Terdapat 2 jenis kampas ganda yang umum digunakan pada sepeda motor, yaitu kampas ganda organik dan kampas ganda semi-logam.

  • Kampas Ganda Organik

Kampas ganda organik terbuat dari bahan serat yang dicampur dengan bahan perekat. Kampas ganda ini cocok untuk sepeda motor dengan bobot dan mesin yang relatif kecil, karena tidak mampu menahan panas yang tinggi. Namun, kampas ganda organik lebih ramah lingkungan dan tidak menghasilkan debu besi.

  • Kampas Ganda Semi-logam

Sebagai alternatif, kampas ganda semi-logam dibuat dari serat dan logam, seperti tembaga atau baja. Kampas ganda ini lebih tahan lama dan efektif dalam menahan panas yang tinggi. Namun, karena terbuat dari logam, kampas ganda semi-logam menghasilkan debu besi dan tidak ramah lingkungan.

Cara Merawat Kampas Ganda Jupiter MX Lama

Perawatan kampas ganda sangat penting untuk memastikan fungsi rem tetap optimal. Berikut adalah tips dan cara merawat kampas ganda Jupiter MX lama:

  1. Perhatikan kondisi kampas ganda secara berkala. Jika kampas ganda sudah tipis, segera ganti dengan yang baru.

  2. Hindari rem mendadak dan rem panjang-panjang. Cara menginjak rem yang baik adalah dengan menekan rem secara perlahan dan teratur.

  3. Hindari berkendara di daerah berdebu. Debu dapat masuk ke dalam sistem rem dan merusak kampas ganda.

  4. Selalu pastikan sistem rem selalu dalam keadaan bersih dan kering. Jika terdapat minyak atau cairan lain pada kampas ganda, segera bersihkan dengan lap kering.

BACA JUGA:   Fungsi Kampas Kopling Mobil

Tanda-tanda Kampas Ganda Perlu Diganti

Tanda-tanda bahwa kampas ganda perlu diganti adalah:

  1. Rem terasa keras ketika ditekan. Ini menunjukkan kampas ganda sudah aus dan tidak mampu menahan tekanan rem.

  2. Ada suara desis ketika rem ditekan. Suara desis seperti terdengar dari rem menandakan kampas ganda sudah aus dan membentuk celah pada cakram atau drum rem.

  3. Ada getaran atau goyangan pada rem. Ini menandakan kampas ganda sudah tertekan dan tidak mampu menahan tekanan rem.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dibahas tentang kampas ganda Jupiter MX lama, termasuk jenis-jenis, cara merawat, dan tanda-tanda penggantian. Memperhatikan kampas ganda secara rutin dan merawatnya akan memastikan rem bekerja dengan optimal dan menghindari kecelakaan saat berkendara.

Jangan ragu untuk mengganti kampas ganda jika sudah tipis atau mengalami tanda-tanda perlu diganti, untuk memastikan keselamatan Anda saat berkendara.