Skip to content
Home ยป Kabel Spul Tiger: Penjelasan Detail dan Pentingnya Perawatan

Kabel Spul Tiger: Penjelasan Detail dan Pentingnya Perawatan

Kabel spul tiger merupakan suatu komponen vital yang terdapat pada kendaraan roda dua. Fungsinya sangat penting karena merupakan penghubung antara sumber daya listrik yang dihasilkan oleh mesin dengan sistem elektrikal kendaraan. Oleh karena itu, perawatan serta penggantian kabel spul tiger yang tepat waktu dan berkala sangat penting dilakukan untuk menjaga performa kendaraan dan memperpanjang usia pakainya.

Apa itu Kabel Spul Tiger?

Kabel spul tiger adalah komponen yang terbuat dari kawat tembaga atau aluminium, dengan fungsi utama menghubungkan antara mesin, cdi, aki dan sistem elektrikal lainnya pada kendaraan roda dua. Jadi, dapat dikatakan jika kabel spul tiger berfungsi sebagai penghantar listrik dalam kendaraan.

Pentingnya Perawatan Kabel Spul Tiger

Perawatan kabel spul tiger sangat penting dalam menjaga performa kendaraan roda dua. Jika kabel spul tiger rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka suhu mesin dapat terlalu panas dan dapat mengakibatkan kerusakan pada sejumlah komponen di dalam mesin. Sebagai contoh, mesin dapat mengalami kerusakan pada bagian karburator, koil, ataupun plug busi. Selain itu, kabel spul tiger yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat mengakibatkan hilangnya tenaga kendaraan yang dihasilkan sehingga kendaraan menjadi tidak bertenaga.

Cara Merawat Kabel Spul Tiger

Terdapat beberapa cara untuk merawat kabel spul tiger dengan baik, antara lain:

  1. Periksa secara berkala kondisi kabel spul tiger untuk memastikan tidak terjadi kerusakan atau kerapuhan pada isolasinya.
  2. Bersihkan bagian kabel spul tiger dari kotoran atau minyak yang menempel, terutama pada bagian yang terpapar langsung oleh panas mesin.
  3. Pastikan pemasangan kabel spul tiger pada kendaraan dilakukan dengan benar dan tidak terjadi gesekan atau lipatan pada kabelnya.
  4. Ganti kabel spul tiger secara berkala, terutama jika telah terlihat ada tanda-tanda kerusakan atau kerapuhan pada isolasi kabel.
BACA JUGA:   Beli Mobil Mewah? Inilah Tips Memilih yang Tepat

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Kabel Spul Tiger?

Mengganti kabel spul tiger pada masing-masing kendaraan memiliki waktu yang berbeda-beda, tergantung dari kondisi dan lingkungan penggunaan kendaraan itu sendiri. Namun, sebagai aturan umum, penggantian kabel spul tiger sebaiknya dilakukan setiap 20.000 – 30.000 km atau setiap 2 tahun sekali untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal.

Kesimpulan

Kabel spul tiger merupakan bagian penting dalam sistem elektrikal kendaraan roda dua. Perawatan serta penggantian kabel spul tiger secara berkala sangat penting dalam menjaga performa kendaraan serta menghindari kerusakan pada mesin yang dapat menimbulkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, selalu periksa dan ganti kabel spul tiger sesuai dengan waktu yang dianjurkan agar kendaraan selalu berada dalam kondisi yang prima.