Skip to content
Home » Kabel CDI Tiger: Mengenal Lebih Dalam tentang Komponen Penting di dalam Kendaraan Motor

Kabel CDI Tiger: Mengenal Lebih Dalam tentang Komponen Penting di dalam Kendaraan Motor

Kabel CDI Tiger adalah salah satu komponen penting di dalam kendaraan motor yang seringkali dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Namun, sebenarnya kabel CDI Tiger memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga performa mesin kendaraan motor tetap optimal. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari lebih dalam mengenai apa itu kabel CDI Tiger dan bagaimana cara kerjanya di dalam kendaraan motor.

Apa itu Kabel CDI Tiger?

Kabel CDI Tiger adalah singkatan dari Capacitor Discharge Ignition Tiger. Komponen ini merupakan sistem pengapian elektronik yang mendukung mesin kendaraan motor untuk dapat bekerja dengan baik dan aman. Kabel CDI Tiger mengoptimalkan proses pengapian mesin dengan cara menghasilkan percikan listrik yang cukup besar pada saat busi menerima sinyal dari CDI (Capacitor Discharge Ignition).

Cara Kerja Kabel CDI Tiger di dalam Kendaraan Motor

Ketika sinyal dari pelatuk gas pada kendaraan motor diaktifkan, maka kabel pengapian akan mengirimkan sinyal pada CDI untuk menghasilkan kumparan listrik dengan arus AC (Alternating Current). Selanjutnya, kumparan ini akan menghasilkan arus DC (Direct Current) pada unit CDI. Arus DC inilah yang akan diarahkan ke magnet pada flywheel mesin untuk membuat arus listrik yang cukup besar dan memberikan percikan listrik pada busi. Proses inilah yang akan membuat mesin kendaraan motor dapat dinyalakan dan bekerja secara optimal.

Pentingnya Memiliki Kabel CDI Tiger yang Berkualitas Bagus

Memiliki kabel CDI Tiger yang berkualitas bagus sangat penting dalam menjaga performa mesin kendaraan motor tetap optimal dan aman. Kabel yang berkualitas buruk atau sudah aus akan mengakibatkan percikan listrik yang tidak mencukupi pada busi, sehingga mesin akan sulit dinyalakan. Selain itu, kabel yang sudah aus juga dapat menyebabkan kerusakan pada unit CDI, sehingga memerlukan biaya perbaikan yang cukup mahal.

BACA JUGA:   Mobil Mewah dengan Performa Tinggi dan Teknologi Terbaru

Cara Memilih Kabel CDI Tiger yang Berkualitas Bagus

Untuk memilih kabel CDI Tiger yang berkualitas bagus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah kabel CDI Tiger yang memiliki bahan dasar yang kuat dan tahan lama, seperti kabel yang terbuat dari bahan karet yang tebal dan berkualitas tinggi.
  • Perhatikan panjang kabel yang dibutuhkan oleh kendaraan motor Anda. Pilihlah kabel yang memiliki panjang yang sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki.
  • Pastikan kabel yang Anda beli memiliki kemampuan penghantar arus listrik yang cukup besar, sehingga dapat menghasilkan percikan listrik yang optimal pada busi.

Kesimpulan

Kabel CDI Tiger adalah komponen penting yang perlu diperhatikan dengan baik oleh pemilik kendaraan motor. Memiliki kabel yang berkualitas bagus dapat memastikan performa mesin kendaraan motor tetap optimal dan aman. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kabel CDI Tiger yang berkualitas bagus dan sesuai dengan jenis kendaraan motor yang Anda miliki. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda lebih memahami tentang kabel CDI Tiger.