Skip to content
Home ยป Jenis Motor yang Tidak Bisa Dikorter

Jenis Motor yang Tidak Bisa Dikorter

Apakah kamu seorang pecinta dunia otomotif? Jika ya, maka kamu pasti sudah familiar dengan istilah "korter" pada motor. Korter adalah proses pengurangan diameter piston saat mesin motor mulai aus, agar piston masih bisa bergerak dengan mulus di dalam silinder. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua jenis motor dapat dikorter?

Di sini, saya sebagai seorang ahli otomotif, akan menjawab pertanyaan tersebut dengan detail dan lengkap. Dalam artikel ini, saya akan membahas jenis motor yang tidak bisa dikorter, apa penyebabnya, dan bagaimana cara merawatnya agar mesin tetap awet.

Jenis Motor yang Tidak Bisa Dikorter

Motor yang tidak bisa dikorter biasanya memiliki mesin yang terbuat dari bahan yang lebih kuat, seperti baja berkualitas tinggi atau aluminium. Beberapa jenis motor yang tidak bisa dikorter antara lain:

1. Motor Berpendingin Air

Motor yang menggunakan sistem pendingin air memiliki mesin yang lebih rumit dibandingkan motor dengan sistem pendingin udara. Mesin jenis ini umumnya terbuat dari baja berkualitas tinggi, yang membuatnya tidak bisa dikorter.

2. Motor Berpendingin Cair

Motor yang menggunakan sistem pendingin cair memiliki mesin yang juga tidak bisa dikorter. Mesin motor jenis ini biasanya terbuat dari campuran antara bubuk logam dan fibre, yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama.

3. Motor Matic

Motor matic adalah jenis motor yang kini sedang ramai diminati, terutama bagi mereka yang ingin memiliki motor dengan perawatan yang lebih mudah dan nyaman. Akan tetapi, mesin dari motor matic tidak bisa dikorter karena terdiri dari komponen yang lebih kompleks dan presisi.

BACA JUGA:   Limbah Kendaraan Anda Bisa Jadi Bertenaga!

Penyebab Mesin Tidak Bisa Dikorter

Penyebab utama mesin tidak bisa dikorter adalah bahan yang terlalu keras. Saat mesin motor mulai aus dan diameter piston menjadi lebih kecil, korter biasanya dilakukan untuk memperbaikinya. Namun, jika bahan mesin terlalu kuat, korter tidak akan cukup efektif.

Cara Merawat Mesin agar Tetap Awet

Jika kamu memiliki motor yang tidak bisa dikorter, kamu harus lebih berhati-hati dalam merawat motor agar mesin tetap awet dan tidak cepat rusak. Beberapa cara merawat mesin agar tetap awet adalah:

  • Rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi atau bengkel terpercaya yang memiliki teknisi yang berpengalaman.
  • Memperhatikan kondisi suhu mesin saat berkendara agar tidak terjadi overheating.
  • Mengganti oli secara rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrik motor.
  • Membawa motor untuk dilakukan tune-up secara berkala, guna memaksimalkan performa mesin.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui jenis motor yang tidak bisa dikorter, penyebabnya, dan cara merawatnya. Meskipun mesin tidak bisa dikorter, kamu masih bisa merawatnya agar mesin tetap awet dan tidak cepat rusak. Ingatlah untuk selalu melakukan perawatan secara berkala agar motor tetap bisa membawamu ke mana saja dengan aman dan nyaman.

Referensi