Skip to content
Home » Jalur Pengapian Tiger: Mengetahui Sistem Pengapian di Mobil Anda

Jalur Pengapian Tiger: Mengetahui Sistem Pengapian di Mobil Anda

Jalur pengapian pada mobil sangatlah penting untuk menjamin performa mesin yang optimal serta mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mobil. Salah satu jalur pengapian yang sering digunakan pada mobil adalah jalur pengapian tiger.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang sistem pengapian pada mobil serta membahas secara detail mengenai jalur pengapian tiger.

Sistem Pengapian pada Mobil

Sistem pengapian pada mobil bertujuan untuk menghasilkan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin. Sistem pengapian terdiri dari beberapa komponen antara lain koil, busi, kabel pengapian, dan sensor putaran kruk as.

Proses pengapian dimulai dari sensor putaran kruk as yang mengirim informasi putaran mesin kepada ECU (Electronic Control Unit). Kemudian, ECU memerintahkan koil untuk menghasilkan bunga api dan mengirimkan listrik ke busi melalui kabel pengapian.

Proses ini terjadi berulang-ulang setiap sinyal yang dihasilkan oleh sensor putaran kruk as. Jika komponen sistem pengapian tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan mesin menjadi tidak stabil bahkan mati total.

Jalur Pengapian Tiger

Jalur pengapian tiger adalah salah satu jalur pengapian yang sering digunakan pada mobil. Jalur pengapian ini terdiri dari koil, busi, kabel pengapian, dan platina.

Platina merupakan komponen yang memiliki peran penting pada jalur pengapian tiger. Platina berfungsi untuk menghubungkan kabel pengapian dengan busi dan memutuskan aliran listrik ketika busi telah menghasilkan bunga api.

Jika platina sudah aus, maka aliran listrik menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pengapian. Oleh karena itu, sebaiknya platina diganti secara berkala untuk menjaga performa sistem pengapian pada mobil Anda.

Selain itu, pemilihan kabel pengapian yang tepat juga perlu diperhatikan. Kabel pengapian yang berkualitas baik akan membantu sistem pengapian bekerja dengan lebih baik dan menghasilkan performa mesin yang lebih baik pula.

BACA JUGA:   Soket Fuel Pump Mio J: Alasan Penting Mengganti Saat Rusak

Kesimpulan

Jalur pengapian tiger adalah salah satu opsi jalur pengapian yang dapat digunakan pada mobil. Namun, perlu diingat bahwa sistem pengapian pada mobil terdiri dari beberapa komponen yang harus bekerja secara optimal untuk menghasilkan performa mesin yang baik.

Platina dan kabel pengapian adalah dua komponen yang perlu diperhatikan dalam menjaga performa sistem pengapian pada mobil Anda. Pastikan platina diganti secara berkala dan pilih kabel pengapian yang berkualitas baik untuk menghindari kerusakan sistem pengapian.

Dengan mengetahui jalur pengapian tiger dan sistem pengapian pada mobil, Anda dapat memahami cara kerja mesin mobil dan menjaga performanya dengan baik.