Skip to content
Home » Jalur Kunci Kontak Tiger Lama: Mengapa Penting untuk Diperiksa dan Diganti secara Berkala?

Jalur Kunci Kontak Tiger Lama: Mengapa Penting untuk Diperiksa dan Diganti secara Berkala?

Jalur kunci kontak tiger lama merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor jenis Tiger lama. Jalur kunci kontak yang berfungsi untuk menghidupkan mesin saat kunci diputar adalah bagian yang paling sering dipakai pada sepeda motor. Oleh karena itu, perlu diperhatikan kondisi jalur kunci kontak tiger lama Anda.

Mengapa Perlu Diperiksa dan Diganti secara Berkala?

Jalur kunci kontak yang sudah lama dan sering dipakai, terutama jika tidak pernah diperiksa atau diganti, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya pada sepeda motor Anda. Selain itu, kondisi jalur kunci kontak yang buruk dapat memengaruhi sistem pengapian sepeda motor Anda, yang tentunya mempengaruhi kinerja mesin motor.

Jika jalur kunci kontak tiger lama Anda mengalami kerusakan, maka akan ada beberapa tanda-tanda yang dapat Anda perhatikan, seperti kesulitan dalam menghidupkan mesin motor, atau mesin motor mati saat tengah digunakan, yang tentunya sangat mengganggu dan membahayakan.

Kapan Perlu Dilakukan Pengecekan dan Penggantian?

Sebaiknya, Anda melakukan pengecekan pada jalur kunci kontak tiger lama setiap tiga bulan sekali atau setiap 5000 km. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti bagian yang rusak. Jangan menunda-nunda penggantian agar sepeda motor Anda tetap dalam kondisi yang baik dan aman.

Bagaimana Cara Memeriksa Jalur Kunci Kontak Tiger Lama?

Memeriksa kondisi jalur kunci kontak tiger lama tidaklah sulit. Pertama-tama, pastikan sepeda motor dalam kondisi mati dan kunci kontak dalam posisi off. Kemudian, lepas bagian yang menutupi jalur kunci kontrol dengan menggunakan obeng. Setelah terbuka, periksa dengan seksama kondisi semua kabel dan konektor. Pastikan tidak ada kabel putus atau konektor yang kendur. Jika ditemukan, segera perbaiki atau ganti bagian yang rusak.

BACA JUGA:   All You Need to Know About the New Baby Nmax

Selain itu, pastikan jalur kunci kontrol berfungsi dengan baik. Caranya, colokkan kunci ke dalam kunci ke dalam lubang kunci kontrol dan coba putar kunci untuk menghidupkan mesin. Jika mesin tidak hidup, maka ada kemungkinan bagian jalur kunci kontrol Anda perlu diganti.

Bagaimana Cara Mengganti Jalur Kunci Kontak Tiger Lama?

Jika Anda tidak berpengalaman dalam mengganti jalur kunci kontrol sepeda motor, lebih baik bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan oleh mekanik profesional. Namun, jika Anda ingin melakukannya sendiri, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan sepeda motor dan cabut kabel aki dari terminal negatif.
  2. Lepaskan bagian yang menutupi jalur kunci kontrol.
  3. Lepaskan kabel-kabel yang koneksinya terhubung pada bagian jalur kunci kontrol.
  4. Pasang jalur kunci kontrol yang baru dengan memasang kabel-kabel dari jalur kunci kontrol yang lama ke jalur kunci kontrol yang baru.
  5. Pasang kembali bagian yang menutupi jalur kunci kontrol.
  6. Pasang kembali kabel aki ke terminal negatif.

Kesimpulan

Jalur kunci kontrol tiger lama adalah bagian penting dari sistem pengapian sepeda motor Anda. Untuk menjaga agar sepeda motor tetap berfungsi optimal, Anda perlu melakukan periksaan dan pemeliharaan pada jalur kunci kontrol secara berkala. Jika Anda merasa tidak percaya diri dalam melakukan pemeriksaan atau penggantian, lebih baik bawa sepeda motor Anda ke bengkel resmi terpercaya untuk mendapatkan pelayanan profesional.