Skip to content
Home ยป Jalur CDI Shogun 125: Panduan Lengkap untuk Pemilik Otomotif

Jalur CDI Shogun 125: Panduan Lengkap untuk Pemilik Otomotif

Jalur CDI Shogun 125 adalah bagian penting dari sistem pengapian pada sepeda motor Shogun 125. Untuk pemilik sepeda motor Shogun 125, mengetahui jalur CDI dari sepeda motor anda sangatlah penting. Pada artikel ini, anda akan mempelajari apa itu jalur CDI, bagaimana jalur CDI bekerja dan bagaimana cara memperbaiki jalur CDI jika terjadi kerusakan.

Apa itu Jalur CDI?

Jalur CDI merupakan singkatan dari Capacitor Discharge Ignition, yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik tinggi untuk menghasilkan percikan api pada busi sepeda motor Shogun 125. Jalur CDI Shogun 125 terdiri dari beberapa komponen seperti coil ignition, kapasitor, dan beberapa kabel penghubung.

Bagaimana Jalur CDI Bekerja?

Ketika kita menyalakan kunci kontak sepeda motor Shogun 125, arus listrik akan mengalir ke spul pengapian (coil ignition) kemudian masuk ke kapasitor. Kapasitor akan menyimpan arus listrik tersebut dan kemudian melepaskannya dengan cepat ketika arus listrik yang cukup besar dibutuhkan untuk menghasilkan percikan api pada busi sepeda motor Shogun 125.

Bagaimana Cara Memperbaiki Jalur CDI?

Anda dapat memperbaiki jalur CDI Shogun 125 dengan cara yang sederhana. Pertama, pastikan kabel yang ada pada jalur CDI telah terpasang dengan benar dan tidak mengalami kerusakan. Kemudian, periksa kondisi kapasitor, coil ignition, dan busi. Jika ditemukan kerusakan pada salah satu komponen tersebut, segera ganti dengan komponen yang baru.

Namun, jika kerusakan berada pada bagian kabel yang tidak bisa diperbaiki dengan cara yang sederhana. Maka disarankan untuk membawa sepeda motor Shogun 125 ke bengkel resmi untuk diperiksa dan diperbaiki.

BACA JUGA:   Yamaha Aerox 155 Terbaru 2019: Penjelasan Lengkap

Kesimpulan

Jalur CDI merupakan bagian penting dari sistem pengapian pada sepeda motor Shogun 125. Mengetahui bagaimana jalur CDI bekerja dan bagaimana cara memperbaikinya sangatlah penting untuk pemilik sepeda motor. Jika terjadi kerusakan pada jalur CDI, segera perbaiki dengan cara yang sederhana atau bawa ke bengkel resmi untuk diperiksa secara baik dan benar. Dengan begitu, sepeda motor Shogun 125 anda akan tetap berjalan dengan baik dan nyaman digunakan.