Skip to content
Home ยป Harga Kampas Kopling Mobil Avanza

Harga Kampas Kopling Mobil Avanza

Apabila Anda memiliki mobil Avanza, pastinya Anda akan membutuhkan komponen yang sangat penting pada sistem transmisi kendaraan, yaitu kampas kopling. Kampas kopling bertugas untuk mentransmisikan tenaga mesin ke transmisi, sehingga kendaraan dapat berjalan. Kampas kopling adalah komponen yang sangat penting, dan perlu diganti secara berkala. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang harga kampas kopling mobil Avanza, serta beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Kampas Kopling?

Kampas kopling adalah komponen yang terletak di antara mesin dan transmisi pada kendaraan bermotor. Terdiri dari beberapa piringan dengan lapisan gesekan, kampas kopling dipasang pada poros mesin dan membantu mentransmisikan tenaga dari mesin ke transmisi.

Ketika pedal kopling diinjak, kampas kopling mendorong lapisan gesekan pada cakram kopling, sehingga terjadi kopling dan tenaga mesin dapat dialirkan ke transmisi. Penggunaan yang berat atau kurang perawatan dapat membuat kampas kopling cepat aus dan perlu diganti.

Berapa Harga Kampas Kopling Mobil Avanza?

Harga kampas kopling mobil Avanza bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya. Harga kampas kopling mobil Avanza orisinil berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Namun, harga kampas kopling merek lain yang bersaing seperti Ferodo atau Bendix dijual dengan harga yang lebih murah berkisar antara 200 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Pastikan Anda membeli kampas kopling yang sesuai dengan merek dan tipe kendaraan Anda. Jangan lupa untuk memeriksa ulang dengan mekanik atau bengkel resmi untuk memastikan kampas kopling yang Anda beli adalah produk yang asli dan berkualitas.

BACA JUGA:   Fungsi Kampas Kopling Mobil

Kapan Harus Mengganti Kampas Kopling?

Kampas kopling adalah komponen yang cepat aus, terutama pada kendaraan yang digunakan dalam kondisi padat atau digunakan pada medan yang ekstrem. Namun, Anda juga perlu memperhatikan gejala-gejala yang muncul ketika kampas kopling mulai aus. Beberapa gejala tersebut antara lain:

  • Bunyi berdecit ketika pedal kopling diinjak.
  • Tidak responsif ketika pedal kopling diinjak.
  • Gear susah masuk atau bergesekan saat transmisi dialihkan.
  • Mesin tidak bergerak padahal pedal gas sudah ditekan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah pergi ke bengkel resmi atau mekanik terpercaya untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian kampas kopling kendaraan Anda. Penggantian kampas kopling secara tepat waktu dapat membantu menghindari kerusakan pada komponen transmisi yang lain.

Kesimpulan

Sebagai komponen yang sangat penting pada sistem transmisi mobil Avanza, kampas kopling perlu diganti secara berkala untuk menjaga performa dan kenyamanan berkendara Anda. Harga kampas kopling mobil Avanza bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya, namun selalu pastikan untuk memilih produk yang asli dan berkualitas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau bengkel resmi jika Anda mengalami gejala-gejala yang mencurigakan pada kampas kopling.