Skip to content
Home » Harga Kampas Kopling Ertiga: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Harga Kampas Kopling Ertiga: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Saat membicarakan mobil, tentunya berbagai komponen yang ada pada mobil seperti mesin, ban, dan kampas kopling menjadi hal yang sangat penting. Jadi, apa itu kampas kopling? Dan apa saja yang perlu Anda ketahui tentang "harga kampas kopling Ertiga"?

Apa Itu Kampas Kopling?

Sebagai salah satu komponen penting dalam mobil, kampas kopling adalah bagian dari sistem transmisi mobil yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan transmisi antara mesin dan roda. Kampas kopling membantu untuk mengatur putaran mesin agar tidak berhenti saat mobil berhenti atau saat mobil akan melakukan perpindahan gigi.

Kampas kopling biasanya terbuat dari bahan friksi, seperti asbes atau paduan logam, yang menahan putaran mesin dan memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Namun, karena bahan friksi tersebut akan aus seiring penggunaan, maka kampas kopling perlu diganti secara teratur.

Mengapa Mengganti Kampas Kopling Ertiga?

Ertiga adalah mobil sejuta umat di Indonesia. Mobil ini populer di kalangan keluarga Indonesia yang menginginkan mobil dengan harga yang terjangkau namun memiliki performa yang baik. Untuk menjaga performa mobil Ertiga tersebut, penggantian kampas kopling yang berkualitas sangat penting.

Jika kampas kopling sudah haus, maka mobil akan mengalami masalah seperti sulit bergerak, suara berdecit ketika transmisi dipindahkan, dan sulit untuk mempercepat atau mendadak berhenti. Selain itu, kampas kopling yang haus dapat menyebabkan kelebihan tenaga yang diterima oleh sistem transmisi, sehingga mesin bisa mengalami kerusakan lebih cepat.

Harga Kampas Kopling Ertiga

Saat mengganti kampas kopling pada mobil Ertiga, harga menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Harga kampas kopling Ertiga tergantung pada merk kampas kopling yang dipilih dan jasa bengkel yang digunakan. Namun, Anda perlu memperhitungkan bahwa memilih kampas kopling berkualitas lebih baik daripada memilih kampas kopling murah tapi berkualitas rendah.

BACA JUGA:   Kampas Kopling Jupiter MX Old: Mengapa Memilih Kampas Kopling yang Berkualitas Tinggi Adalah Prioritas Utama Anda

Jika Anda memilih untuk menggunakan kampas kopling asli Suzuki, maka harga rata-rata berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 700.000 tergantung pada seri Ertiga yang dimiliki. Namun, harga tersebut dapat berbeda-beda pada setiap wilayah di Indonesia.

Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan biaya jasa bengkel yang dibutuhkan untuk mengganti kampas kopling pada mobil Ertiga. Biaya tersebut juga berbeda-beda pada setiap wilayah di Indonesia.

Kesimpulan

Kampas kopling Ertiga adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan transmisi antara mesin dan roda. Kampas kopling yang haus dapat menyebabkan masalah pada mobil, dan penggantian berkala kampas kopling merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Harga kampas kopling Ertiga tergantung pada merk kampas kopling dan jasa bengkel yang digunakan. Namun, memilih kampas kopling berkualitas tinggi lebih disarankan daripada memilih kampas kopling murah tapi berkualitas rendah. Jangan lupa untuk menghitung biaya bengkel yang dibutuhkan untuk mengganti kampas kopling pada mobil Ertiga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang mempertimbangkan mengganti kampas kopling Ertiga.