Skip to content
Home ยป HANDLE KOPLING SCORPIO

HANDLE KOPLING SCORPIO

Jika Anda penggemar otomotif terutama motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan handle kopling scorpio. Handle kopling ini menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem transmisi sepeda motor. Handle kopling scorpio merupakan salah satu bagian yang terdapat pada motor Yamaha Scorpio.

Apa itu Handle Kopling Scorpio

Handle kopling scorpio adalah sebuah alat yang digunakan pada sepeda motor Yamaha Scorpio. Fungsi dari handle kopling ini adalah untuk mengoperasikan sistem kopling sepeda motor. Jadi, saat handle kopling ditarik atau dilepas, maka kopling akan bekerja dan menyebabkan sepeda motor melaju atau berhenti.

Pentingnya Handle Kopling Scorpio

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa handle kopling scorpio merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sistem transmisi sepeda motor. Tanpa adanya handle kopling scorpio, maka sepeda motor tidak akan bisa berjalan dengan baik atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.

Ketika handle kopling scorpio ditarik, maka roda belakang akan terputus dari mesin. Hal ini akan membuat pengendara bisa mengubah gigi pada transmisi sepeda motor secara lebih mudah.

Cara Kerja Handle Kopling Scorpio

Saat handle kopling ditarik, maka clutch lever (tuas kopling) akan terangkat dan cakram kopling akan terpisah dengan cakram sempurna. Hal ini akan menyebabkan roda belakang terputus dari mesin, sehingga memungkinkan pengendara bisa mengganti gigi atau bisa juga membantu menstabilkan sepeda motor.

Mengganti Handle Kopling Scorpio

Ketika handle kopling scorpio pada sepeda motor Anda mengalami kerusakan atau bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi, Anda perlu untuk mengganti handle kopling tersebut. Untuk mengganti handle kopling scorpio, Anda bisa membawa sepeda motor ke bengkel resmi Yamaha atau bisa juga menggantinya dengan handle kopling scorpio aftermarket.

BACA JUGA:   Nap Gear Karisma - Cara Asyik untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Nyaman di dalam Mobil

Untuk memasang handle kopling scorpio aftermarket, Anda harus memperhatikan ukuran dan spesifikasi yang sesuai dengan sepeda motor Anda. Jangan sampai Anda memasang handle kopling yang ukurannya tidak sesuai, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian lain pada sepeda motor.

Kesimpulan

Handle kopling scorpio adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam sistem transmisi sepeda motor. Fungsi dari handle kopling ini adalah untuk mengoperasikan sistem kopling sepeda motor. Jika handle kopling scorpio pada sepeda motor Anda mengalami kerusakan atau bahkan sudah tidak bisa digunakan lagi, Anda perlu untuk mengganti handle kopling tersebut. Jangan sampai Anda memasang handle kopling yang ukurannya tidak sesuai, karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian lain pada sepeda motor.