Skip to content
Home » Gigi Sentrik Bawah Jupiter Z: Keunggulan dan Cara Memasang

Gigi Sentrik Bawah Jupiter Z: Keunggulan dan Cara Memasang

Jupiter Z adalah salah satu motor paling populer di Indonesia. Dikembangkan oleh Yamaha, Jupiter Z dikenal sebagai motor sport hemat bahan bakar yang dapat menaklukkan berbagai medan. Namun, seperti halnya motor lainnya, Jupiter Z juga perlu perawatan rutin agar bisa selalu dalam kondisi baik. Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan performa motor Jupiter Z, maka mengganti gigi sentrik bawah bisa menjadi solusi yang tepat.

Apa Itu Gigi Sentrik Bawah?

Gigi sentrik bawah adalah salah satu komponen penting di mesin motor. Komponen ini berperan dalam mentransmisikan putaran mesin ke roda belakang melalui rantai. Gigi sentrik bawah juga memiliki peranan penting dalam mengatur rasio gigi agar sesuai dengan medan yang dilalui. Dalam bahasa Inggris, gigi sentrik bawah disebut dengan camshaft.

Dalam motor Jupiter Z, gigi sentrik bawah biasanya sudah terpasang standar dari pabrik. Namun, memasang gigi sentrik bawah baru bisa meningkatkan performa mesin motor Jupiter Z Anda, terutama untuk melaju di medan yang lebih berat.

Keunggulan Gigi Sentrik Bawah Baru untuk Jupiter Z

Mengganti gigi sentrik bawah dengan model aftermarket akan memberikan beberapa keunggulan untuk motor Jupiter Z, di antaranya:

  1. Performa Mesin Lebih Baik: Gigi sentrik bawah aftermarket biasanya dirancang untuk meningkatkan performa mesin. Dengan mengganti gigi sentrik bawah standar dengan model aftermarket, putaran mesin Jupiter Z bisa lebih maksimal sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

  2. Akselerasi Lebih Cepat: Gigi sentrik bawah baru bisa meningkatkan kemampuan akselerasi motor Jupiter Z. Model aftermarket biasanya dirancang untuk memaksimalkan tenaga mesin pada putaran rendah dan sedang, sehingga motor bisa melaju lebih cepat saat diakselerasi.

  3. Penghematan Bahan Bakar: Mengganti gigi sentrik bawah standar dengan model aftermarket bisa membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar motor Jupiter Z. Dengan putaran mesin yang lebih maksimal, maka perbandingan bahan bakar dan udara akan lebih proporsional, sehingga konsumsi bahan bakar akan menurun.

BACA JUGA:   Ini Dia Bearing 6201 RS untuk Mobil Anda!

Cara Memasang Gigi Sentrik Bawah Baru di Motor Jupiter Z

Memasang gigi sentrik bawah baru di motor Jupiter Z bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan ahli. Namun, bila Anda kurang berpengalaman dalam memodifikasi motor sebaiknya Anda meminta bantuan dari ahli.

Berikut adalah beberapa tahapan cara memasang gigi sentrik bawah baru di motor Jupiter Z:

  1. Mengurangi Tegangan Rantai: Tahap pertama yang dilakukan adalah mengurangi tegangan rantai. Caranya dengan melonggarkan mur dan baut pada tempat rantai sproket di roda belakang. Kemudian putar pengatur rantai ke arah penurunan dan kencangkan mur dan baut.

  2. Mengeluarkan Cover Mesin: Tahap kedua adalah membuka cover mesin. Buka pengikat cover mesin yang terdapat di bawah tangki bensin. Kemudian lepas cover mesin dengan hati-hati dan bersihkan bagian dalamnya dari kotoran.

  3. Mengeluarkan Gigi Sentrik Bawah Standar: Tahap ketiga cara memasang gigi sentrik bawah baru adalah melepas dulu gigi sentrik yang lama. Caranya dengan melepaskan penahan rantai dan penjepit gigi sentrik bawah.

  4. Pemasangan Gigi Sentrik Bawah Baru: Setelah gigi sentrik lama dilepas, barulah waktu memasang gigi sentrik baru. Pasang gigi sentrik baru pada posisi yang tepat dan kencangkan baut dan mur penjepit.

  5. Mengatur Rantai: Setelah gigi sentrik baru terpasang, langkah selanjutnya adalah mengatur kembali posisi rantai. Atur rantai agar tepat di atas sampul gigi sentrik bawah. Kemudian Periksa dan atur kembali tegangan rantai menggunakan pengatur rantai yang ada di roda belakang. Pastikan tegangan rantai sesuai dengan spesifikasi pabrik.

  6. Mengembalikan Cover Mesin: Setelah gigi sentrik bawah baru terpasang pada posisi yang tepat dan rantai teratur, langkah terakhir memasang kembali cover mesin dengan menekan penjepit-penjepitnya.

BACA JUGA:   Ciri-ciri CDI Vega Lama yang Asli dan Ori

Kesimpulan

Mengganti gigi sentrik bawah dengan model aftermarket bisa meningkatkan performa mesin motor Jupiter Z Anda. Gigi sentrik bawah baru memungkinkan putaran mesin yang lebih maksimal, kemampuan akselerasi lebih cepat, dan penghematan bahan bakar. Cara memasang gigi sentrik bawah baru di motor Jupiter Z bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan ahli. Pastikan melakukan tahapan dengan benar dan sesuai panduan agar hasilnya maksimal.