Skip to content
Home » Gejala Kerusakan pada Laher CVT Nmax dan Cara Mengatasinya

Gejala Kerusakan pada Laher CVT Nmax dan Cara Mengatasinya

Seperti halnya komponen penting lainnya dalam mesin sepeda motor, laher CVT Nmax memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga performa sepeda motor tetap prima. Bagi Anda yang sering mengendarai Nmax sehari-hari, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya laher CVT Nmax. Namun, tahukah Anda bahwa laher CVT Nmax bisa mengalami kerusakan?

Jika Anda pernah merasa sepeda motor Nmax Anda terasa berat saat digas atau ‘ngebut’ tidak cepat seperti biasanya, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kerusakan pada laher CVT Nmax. Fungsi laher CVT Nmax sendiri adalah untuk mengatur perpindahan gigi agar sepeda motor dapat berakselerasi dengan lebih cepat dan nyaman.

Namun, meskipun sudah menggunakan sepeda motor Nmax terbaik dengan kualitas mesin yang terjamin, laher CVT Nmax bisa mengalami kerusakan. Ada beberapa gejala kerusakan yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

Tanda-tanda Kerusakan pada Laher CVT Nmax

1. Bunyi Berisik pada Mesin

Jika Anda mendengar suara berisik pada mesin sepeda motor Nmax, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kerusakan pada laher CVT Nmax. Suara berisik ini sering kali muncul di antara perpindahan gigi ketika sepeda motor digas.

2. Performa Sepeda Motor Menurun

Performa sepeda motor Nmax yang menurun terutama pada saat akselerasi atau kecepatan tinggi juga bisa menjadi tanda bahwa laher CVT Nmax mengalami kerusakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh gesekan antara laher CVT dan kampas CVT yang sudah aus.

3. Sulit Menaikkan Kecepatan

Jika sepeda motor Nmax Anda terasa berat saat digas atau tidak cepat seperti biasanya, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kerusakan pada laher CVT Nmax. Hal ini biasanya terjadi karena gesekan antara laher CVT dan kampas CVT yang sudah aus.

BACA JUGA:   Meningkatkan Kinerja Kendaraan Anda dengan CDI 5VV

Cara Mengatasi Kerusakan pada Laher CVT Nmax

Setelah mengetahui gejala kerusakan yang muncul, selanjutnya adalah cara mengatasinya. Beberapa cara mengatasi kerusakan pada laher CVT Nmax antara lain adalah:

1. Melakukan Pengecekan Berkala pada Mesin

Agar performa laher CVT Nmax tetap prima, lakukan pengecekan berkala pada mesin sepeda motor Nmax Anda. Pengecekan yang rutin dan berkala akan membantu mencegah kerusakan laher CVT Nmax lebih jauh.

2. Mengganti Bagian yang Rusak dengan yang Baru

Jika sudah terlanjur rusak, segera ganti bagian yang rusak dengan yang baru. Alih-alih memperbaiki laher CVT Nmax yang sudah rusak, lebih baik menggantinya dengan laher CVT Nmax yang baru agar performa sepeda motor Nmax Anda kembali prima.

3. Menggunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Selain melakukan pengecekan berkala dan mengganti bagian rusak dengan yang baru, menggunakan bahan bakar yang berkualitas juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mesin sepeda motor Nmax. Pastikan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang berkualitas agar performa mesin tetap prima dan kinerja laher CVT Nmax tetap optimal.

Kesimpulan

Laher CVT Nmax memang merupakan komponen penting dalam mesin sepeda motor Nmax. Namun, meskipun sudah menggunakan sepeda motor Nmax terbaik dengan kualitas mesin yang terjamin, laher CVT Nmax bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala kerusakan dan cara mengatasinya agar performa sepeda motor Nmax Anda tetap prima. Selalu lakukan pengecekan berkala dan gunakan bahan bakar yang berkualitas untuk menghindari kerusakan pada laher CVT Nmax.