Skip to content
Home ยป Gear Standar Jupiter Z: Penjelasan Lengkap

Gear Standar Jupiter Z: Penjelasan Lengkap

Jupiter Z adalah salah satu motor bebek yang populer di Indonesia. Salah satu komponen penting pada motor ini adalah gear standar. Gear standar berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda melalui rantai. Dalam artikel ini, kita akan membahas gear standar Jupiter Z secara detail.

Apa itu Gear Standar?

Gear standar adalah gigi paling utama pada motor bebek. Gear standar berfungsi untuk mengubah putaran mesin menjadi putaran roda dengan perbandingan yang tepat. Pada Jupiter Z, gear standar terletak di sebelah kiri engine crankcase.

Mengenal Gear Standar Jupiter Z

Gear standar Jupiter Z terdiri dari tiga buah gigi. Gigi pertama memiliki jumlah gigi 13, gigi kedua memiliki jumlah gigi 16, dan gigi ketiga memiliki jumlah gigi 18. Perbedaan jumlah gigi pada setiap gigi tersebut menentukan perbandingan putaran mesin dan putaran roda.

Gigi pertama digunakan ketika motor sedang mulai berjalan. Gigi kedua digunakan pada kecepatan sedang dan gigi ketiga digunakan pada kecepatan tinggi. Sistem perpindahan gigi pada Jupiter Z adalah sistem manual, yaitu menggunakan tuas gigi pada sisi kiri stang kemudi.

Kelebihan dan Kekurangan Gear Standar Jupiter Z

Kelebihan dari gear standar Jupiter Z adalah kemampuannya untuk menahan beban berat dengan baik. Gear standar Jupiter Z mampu menangani beban hingga 150 kg. Selain itu, harga sparepart gear standar Jupiter Z juga tergolong murah dan mudah ditemukan di pasaran.

Namun, ada juga kekurangan yang dimiliki gear standar Jupiter Z, yaitu kestabilan putaran mesin yang kurang baik pada kecepatan tinggi. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan berkala pada sistem gear.

BACA JUGA:   Skir Klep Motor: Tips Membeli dan Merawat yang Tepat

Kesimpulan

Gear standar merupakan salah satu bagian penting pada motor bebek, termasuk Jupiter Z. Gear standar berfungsi untuk mengubah putaran mesin menjadi putaran roda dengan perbandingan yang tepat. Pada Jupiter Z, gear standar terdiri dari tiga buah gigi dengan perbedaan jumlah gigi pada setiap gigi tersebut menentukan perbandingan putaran mesin dan putaran roda. Meskipun terdapat kekurangan pada gear standar Jupiter Z, namun kelebihannya yang mampu menahan beban berat serta harga sparepart yang murah dan mudah ditemukan di pasaran menjadikan gear standar Jupiter Z pilihan yang tepat untuk digunakan.