Skip to content
Home » Ganti Roller Beat: Cara Mudah Mengganti Roller Motor Anda

Ganti Roller Beat: Cara Mudah Mengganti Roller Motor Anda

Bagi sebagian pengguna motor, mengganti roller sebagai salah satu komponen penting pada sistem transmisi mungkin terdengar sulit dan rumit. Namun, sebenarnya mengganti roller tidaklah sulit jika Anda tahu cara yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengganti roller pada motor Anda.

Apa itu roller dan mengapa perlu diganti?

Roller adalah komponen yang terletak di dalam transmisi motor. Roller bertugas sebagai penghubung atau pengantar tenaga dari mesin ke roda. Dalam jangka waktu tertentu, roller akan mengalami keausan dan perlu diganti untuk memberikan performa terbaik dari motor Anda. Jika roller tidak diganti pada waktunya maka akan mempengaruhi performa dan keamanan berkendara.

Peralatan yang diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar peralatan yang diperlukan untuk mengganti roller pada motor Anda:

  1. Kunci soket
  2. Kunci ring
  3. Kunci pas
  4. Penjepit roller
  5. Gembok roda
  6. Oli pelumas
  7. Pelumas rantai

Langkah mudah mengganti roller pada motor Anda

  1. Persiapkan motor Anda
    Pastikan motor Anda dalam keadaan mati dan roda belakang terkunci. Pastikan juga motor dalam posisi datar dan stabil.

  2. Buka cover transmisi
    Buka cover transmisi yang terletak di bawah motor. Biasanya terdapat sekitar 4 – 5 baut yang perlu dibuka dengan kunci soket.

  3. Lepaskan roller yang rusak
    Keluarkan roller yang rusak dari transmisi dengan menggunakan penjepit roller. Perhatikan dengan baik posisi roller agar dapat dipasang kembali dengan tepat.

  4. Pasang roller yang baru
    Pasang roller yang baru ke dalam transmisi sesuai dengan posisi yang benar. Pastikan semua roller terpasang dengan sempurna dan tidak ada yang ketinggalan.

  5. Pasang kembali cover transmisi
    Setelah roller baru terpasang, pasang kembali cover transmisi dan kencangkan dengan sekrap kunci. Pastikan tidak ada baut yang lepas.

  6. Cek oli dan pelumas
    Cek jumlah oli transmisi dan pelumas rantai pada motor Anda. Pastikan semua cairan sudah mencapai level yang tepat agar motor Anda tetap berperforma dengan baik.

  7. Uji motor Anda
    Uji motor Anda dengan melakukan perjalanan singkat dan perhatikan performa serta suara yang dihasilkan. Jika terdapat suara yang tidak wajar maka segera bawa ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

BACA JUGA:   Baut Oli Gardan Vario 150: Pentingnya Memilih Baut Oli Gardan yang Tepat

Kesimpulan

Mengganti roller pada motor memang terdengar sulit, tetapi sebenarnya cukup mudah jika Anda telah memahami langkah-langkah yang benar. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat menghemat biaya perbaikan dan meningkatkan performa motor Anda. Pastikan selalu memeriksa kondisi motor Anda secara berkala agar dapat menjaga performa dan keamanannya.