Skip to content
Home » Ganti Noken As Beat FI: Solusi Mudah untuk Meningkatkan Performa Mesin!

Ganti Noken As Beat FI: Solusi Mudah untuk Meningkatkan Performa Mesin!

Anda merasa mesin Honda Beat FI mengalami penurunan performa? Jangan panik dulu! Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah mengganti noken as Beat FI. Dengan mengganti komponen ini, Anda bisa meningkatkan performa mesin sepeda motor Anda secara signifikan.

Apa itu Noken As dan Fungsinya?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ganti noken as Beat FI, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu noken as dan fungsinya dalam mesin sepeda motor.

Noken as adalah salah satu komponen penting dalam mesin, terutama dalam hal pengaturan waktu pengapian dan katup. Noken as berfungsi untuk menggerakkan rocker arm yang nantinya akan membuka dan menutup katup. Sehingga air dan bahan bakar bisa masuk ke dalam ruang bakar dan pembakaran juga bisa terjadi.

Kenapa Harus Mengganti Noken As Beat FI?

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mengganti noken as Beat FI, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Performa

Salah satu keuntungan utama dari mengganti noken as Beat FI adalah bisa meningkatkan performa mesin sepeda motor. Pasalnya, dengan mengganti noken as yang lebih besar dan lebih agresif, maka pengaturan waktu pengapian dan katup akan lebih presisi dan akurat. Sehingga mesin bisa menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dan optimal.

2. Meningkatkan Akselerasi

Selain itu, dengan performa mesin yang lebih baik, maka akselerasi sepeda motor Anda juga akan semakin meningkat. Anda akan merasakan perbedaan signifikan saat mempercepat dari posisi diam atau saat melaju di jalan raya.

3. Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

Meski performanya lebih baik, noken as yang baru juga bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Sebab, dengan waktu pengapian dan buka/tutup katup yang lebih presisi dan akurat, maka pembakaran di dalam ruang bakar juga menjadi lebih efisien. Sehingga mesin lebih irit dan Anda bisa menghemat biaya bahan bakar.

BACA JUGA:   Menguak Segala Hal Mengenai Mesin Mobil dan Jenisnya

Bagaimana Cara Mengganti Noken As Beat FI?

Setelah mengetahui manfaat dari ganti noken as Beat FI, tentu Anda juga perlu tahu bagaimana cara melakukannya. Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, di antaranya adalah:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Antara lain: kunci pas, kunci sok, obeng, tang, sealant, dan tentunya noken as Beat FI yang baru.

2. Bongkar Mesin

Setelah semua alat dan bahan siap, langkah berikutnya adalah membongkar mesin sepeda motor. Antara lain mencopot tutup depan, cover head, rocker arm, timing chain, dan noken as lama.

3. Pasang Noken As Baru

Setelah mesin terbuka dan noken as lama terlepas, saatnya memasang noken as Beat FI yang baru. Pastikan Noken As yang digunakan adalah Noken as racing dengan ukuran big untuk mendapatkan performa yang lebih optimal.

4. Pasang Kembali Seluruh Komponen

Setelah Noken as baru terpasang, saatnya untuk memasang kembali seluruh komponen yang sebelumnya sudah dicopot. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar dan kencang agar tidak ada komponen yang longgar.

5. Tes Mesin

Setelah semua komponen terpasang kembali, jangan lupa untuk melakukan tes mesin. Nyalakan mesin dan periksa apakah semua fungsi berjalan seperti seharusnya. Pastikan mesin tidak ada yang bocor dan terdengar normal ketika dioperasikan.

Kesimpulan

Mengganti noken as Beat FI bisa menjadi solusi mudah dan efektif untuk meningkatkan performa mesin sepeda motor Anda. Selain bisa meningkatkan performa dan akselerasi, ganti noken as Beat FI juga bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Akan tetapi, pastikan Anda melakukannya di bengkel resmi atau memiliki pekerja yang memahami serta berpengalaman dan menggunakan Noken As racing yang tepat. Jangan lupa, melakukan tindakan preventif seperti mengganti oli dengan teratur agar mesin lebih terjaga dan awet.

BACA JUGA:   Letak Kiprok Mio Soul GT Injeksi: Pentingnya Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya