Skip to content
Home » Fungsi Selang Hawa pada Mobil

Fungsi Selang Hawa pada Mobil

Selang hawa merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penggerak mobil. Selain berfungsi sebagai saluran pembuangan gas buang, selang hawa juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya dalam menjaga performa mobil Anda. Artikel kali ini akan membahas secara rinci tentang fungsi selang hawa pada mobil.

Menyuplai Oksigen ke Mesin

Fungsi selang hawa yang paling utama adalah menyuplai oksigen ke mesin mobil. Oksigen sangat penting dalam proses pembakaran bahan bakar dalam mesin mobil. Dengan adanya selang hawa, oksigen dapat masuk ke dalam mesin dengan lancar sehingga proses pembakaran dapat berjalan dengan efisien.

Membantu Membuang Gas Buang

Selang hawa juga berfungsi sebagai saluran pembuangan gas buang dari dalam mesin. Gas buang yang dihasilkan dari proses pembakaran harus segera dikeluarkan dari dalam mesin agar tidak mengganggu kinerja mesin. Selang hawa berperan sebagai saluran pembuangan yang mengalirkan gas buang ke knalpot.

Menstabilkan Suhu Mesin

Selain berfungsi sebagai saluran pembuangan gas buang dan penyuplai oksigen ke mesin, selang hawa juga berperan dalam menstabilkan suhu mesin. Selang hawa membantu memanage aliran pendingin mesin agar dapat mencapai suhu yang diinginkan dan mencegah mesin dari kepanasan atau terlalu dingin.

Menjaga Kualitas Oli

Selang hawa juga berfungsi dalam menjaga kualitas oli mesin. Selang hawa membawa oli ke bagian-bagian mesin yang membutuhkan oli dan membantu mengalirkan oli kembali ke dalam mesin. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar mesin tidak cepat rusak akibat gesekan yang berlebihan.

Meningkatkan Performa Mesin

Fungsi selang hawa yang terakhir adalah meningkatkan performa mesin. Dengan memastikan aliran oksigen dan gas buang yang lancar serta menjaga stabilitas suhu dan kualitas oli, mesin dapat bekerja dengan optimal dan performa mobil pun meningkat.

BACA JUGA:   Ukuran Panjang As Roda Depan Vixion

Kesimpulan

Selang hawa merupakan komponen penting dalam sistem penggerak mobil, memiliki beberapa fungsi penting seperti menyuplai oksigen ke mesin, membantu membawa gas buang keluar dari mesin, menstabilkan suhu mesin, menjaga kualitas oli dan meningkatkan performa mesin. Penting bagi Anda untuk memastikan kondisi selang hawa mobil dalam keadaan baik untuk menjaga agar mobil bekerja dengan optimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.