Skip to content
Home ยป Drag Jupiter Z 300cc

Drag Jupiter Z 300cc

Jupiter Z adalah motor bebek yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia. Motor ini mendapatkan popularitas yang cukup tinggi di Indonesia karena performanya yang tangguh dan harga yang terjangkau. Namun, bagi sebagian pecinta otomotif, performa standar dari Jupiter Z terasa kurang memadai, karena itu mereka melakukan modifikasi pada motor untuk meningkatkan performanya.

Salah satu jenis modifikasi yang populer pada Jupiter Z adalah drag race. Drag race adalah balapan pendek yang dilakukan di lintasan lurus atau sejajar. Tujuannya adalah untuk mencapai kecepatan tertinggi dalam waktu secepat mungkin. Salah satu bahan bakar yang digunakan dalam drag race adalah nitrous oxide (NOS). Bahan bakar ini diinjeksikan ke dalam mesin dan menghasilkan tenaga ekstra untuk memberikan kecepatan yang lebih tinggi.

Untuk membuat Jupiter Z memiliki performa drag race yang baik, dibutuhkan beberapa modifikasi. Modifikasi pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan kapasitas mesin menjadi 300 cc. Anda bisa membawa motor Anda ke bengkel atau bengkel spesialis untuk melakukan modifikasi ini. Setelah mesin dimodifikasi, perlu melakukan tuning agar mesin berjalan dengan baik.

Selain itu, modifikasi yang bisa Anda lakukan adalah mengganti karburator standar dengan karburator racing. Karburator racing memiliki ukuran yang lebih besar dan dapat menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang lebih efisien. Hal ini akan meningkatkan performa mesin sekaligus menghemat bahan bakar.

Selanjutnya, Anda perlu mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Knalpot racing memiliki diameter yang lebih besar dan membantu mesin mengeluarkan gas buang dengan lancar. Selain itu, knalpot racing juga dapat menghasilkan suara mesin yang lebih merdu dan menarik.

Setelah melakukan modifikasi tersebut, pastikan bahwa Anda telah memeriksa komponen motor lainnya seperti kopling, gigi dan suspensi. Pastikan mereka dapat menangani kekuatan mesin yang lebih besar. Terakhir, pastikan motor Anda sudah dilengkapi dengan rem yang baik dan aman karena kecepatan yang tinggi akan membutuhkan rem yang mampu menghentikan motor dengan baik dan cepat.

BACA JUGA:   Kualitas Terbaik Per Shock Depan Vario 125 untuk Performa Kendaraan Anda

Kesimpulannya, apabila Anda ingin menjadikan Jupiter Z Anda menjadi motor drag race yang andal, maka harus melakukan beberapa modifikasi. Modifikasi-modifikasi ini akan meningkatkan performa mesin dan membuat Jupiter Z Anda siap untuk bersaing di lintasan drag race. Namun, pastikan untuk selalu mengedepankan keselamatan dalam melakukan balap liar ataupun balap resmi.