Skip to content
Home » Daftar Jumlah Gigi Timing Motor

Daftar Jumlah Gigi Timing Motor

Jumlah gigi timing motor adalah hal penting yang harus dipahami oleh para penggemar otomotif terutama para mekanik. Terdapat banyak sekali jenis motor dengan jumlah gigi timing yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya fungsi dari gigi timing ini adalah untuk mengatur gerakan piston dan klep pada mesin, sehingga mesin dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Apa itu Gigi Timing Motor?

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang jumlah gigi timing motor, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu gigi timing motor. Gigi timing motor adalah gigi yang terletak pada poros bawah pada mesin motor. Gigi timing ini berperan penting dalam mengatur gerakan piston dan klep pada mesin.

Gigi timing motor bekerja dengan menghubungkan poros engkol dan poros nok. Ketika poros engkol bergerak, gigi timing akan menghasilkan gerakan rotasi untuk menggerakkan poros nok. Gerakan poros nok ini nantinya akan menggerakan klep, sehingga mengatur masuknya bahan bakar pada mesin.

Daftar Jumlah Gigi Timing Motor

Ada banyak jenis motor dengan jumlah gigi timing yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa daftar jumlah gigi timing motor yang paling umum digunakan:

  1. 2 Gigi Timing: Jumlah gigi timing ini umumnya ditemukan pada mesin motor dua tak dan beberapa mesin motor empat tak yang berkapasitas kecil.
  2. 4 Gigi Timing: Jumlah gigi timing ini banyak digunakan pada mesin motor empat tak dengan kapasitas sedang hingga besar, seperti motor sport atau touring.
  3. 6 Gigi Timing: Hanya beberapa merek tertentu seperti Honda dan Yamaha yang menggunakan jumlah gigi timing ini, dan biasanya digunakan pada mesin motor besar dengan kapasitas di atas 1000cc.

Pentingnya Pemilihan Jumlah Gigi Timing yang Tepat

Pemilihan jumlah gigi timing yang tepat sangatlah penting dalam menghasilkan performa mesin yang optimal. Ketepatan jumlah gigi timing akan mempengaruhi performa mesin terutama pada saat high RPM. Jika jumlah gigi timing terlalu sedikit, maka mesin akan cepat aus dan performa mesin akan menurun. Sebaliknya, jika jumlah gigi timing terlalu banyak, maka mesin akan terbebani dan suara mesin akan lebih bising.

BACA JUGA:   Memilih Nap Gir Untuk Satria Fu: Panduan Lengkap

Penutup

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah gigi timing motor dapat mempengaruhi performa mesin yang dihasilkan. Sebagai penggemar otomotif, baiknya kita memahami berbagai macam aspek yang mempengaruhi performa mesin termasuk pemilihan jumlah gigi timing yang tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda para penggemar otomotif terutama para mekanik.