Skip to content
Home ยป Daftar Jumlah Gigi Sentrik Semua Motor

Daftar Jumlah Gigi Sentrik Semua Motor

Jika Anda seorang penggemar otomotif, pasti Anda tahu bahwa gigi sentrik adalah salah satu komponen penting dalam sistem transmisi motor. Hal ini karena gigi sentrik berfungsi untuk mengubah putaran mesin menjadi akselerasi pada roda motor. Namun, apakah Anda tahu berapa daftar jumlah gigi sentrik semua motor?

Jenis-Jenis Gigi Sentrik

Sebelum masuk ke daftar jumlah gigi sentrik semua motor, mari kita bahas dulu jenis-jenis gigi sentrik. Ada dua jenis gigi sentrik, yaitu gigi sentrik heliks dan gigi sentrik lurus. Gigi sentrik heliks memiliki sudut kemiringan pada gigi-giginya, sedangkan gigi sentrik lurus tidak.

Daftar Jumlah Gigi Sentrik Motor

Berikut adalah daftar jumlah gigi sentrik semua motor berdasarkan jenis motor:

Motor Bebek

Motor bebek adalah salah satu jenis motor yang paling populer di Indonesia. Beberapa merek motor bebek yang ada di Indonesia, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Daftar jumlah gigi sentrik untuk motor bebek umumnya adalah 4 atau 5 gigi.

Motor Sport

Motor sport adalah jenis motor yang lebih bertenaga dan biasanya digunakan untuk balap. Beberapa merek motor sport yang populer di Indonesia, seperti Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150. Daftar jumlah gigi sentrik untuk motor sport umumnya adalah 6 atau 7 gigi.

Motor Matic

Motor matic atau skutik juga sangat populer di Indonesia karena sistem transmisinya yang otomatis dan mudah digunakan. Beberapa merek motor matic yang populer di Indonesia seperti Honda Beat, Yamaha NMAX, dan Vespa Sprint. Daftar jumlah gigi sentrik untuk motor matic umumnya adalah 3 atau 4 gigi.

BACA JUGA:   Carbon Cleaner Honda: Membersihkan Mesin Mobil Anda dengan Mudah

Motor Trail

Motor trail biasanya digunakan untuk menjelajah jalur off-road. Beberapa merek motor trail yang ada di Indonesia, seperti Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150. Daftar jumlah gigi sentrik untuk motor trail umumnya adalah 6 atau 7 gigi.

Kesimpulan

Dari daftar jumlah gigi sentrik semua motor di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah gigi sentrik yang digunakan pada motor berbeda-beda tergantung pada jenis motor. Namun, meskipun jumlah gigi sentrik pada motor berbeda-beda, fungsi gigi sentrik pada sistem transmisi motor tetap sama, yaitu untuk mengubah putaran mesin menjadi akselerasi pada roda motor. Kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda dan memberikan pengetahuan baru mengenai jumlah gigi sentrik pada motor.