Skip to content
Home » Ciri-Ciri Stang Seher Rusak pada Kendaraan Anda

Ciri-Ciri Stang Seher Rusak pada Kendaraan Anda

Jika Anda memilik kendaraan, pasti Anda ingin kendaraan Anda selalu dalam kondisi yang prima dan aman digunakan. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam menjaga keamanan kendaraan Anda adalah keadaan stang seher.

Stang seher adalah salah satu komponen penting dalam sistem kemudi kendaraan. Jika stang seher mengalami kerusakan, maka hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan.

Kali ini, kami akan membahas mengenai "ciri-ciri stang seher rusak" pada kendaraan Anda, sehingga Anda dapat segera menindaklanjuti setiap gejala yang timbul.

Apa itu Stang Seher?

Stang seher adalah sebuah batang yang menghubungkan kemudi dengan roda depan pada kendaraan. Stang ini bekerja dengan bantuan seher yang menghubungkannya dengan roda depan.

Secara umum, stang seher digunakan pada kendaraan roda depan yang memiliki suspensi depan jenis McPherson. Prinsip kerja stang seher adalah dengan mengubah putaran roda depan menjadi gerakan horizontal terhadap poros kemudi. Dengan begitu, kemudi dapat menggerakkan roda depan dengan mudah.

Apa Saja Ciri-Ciri Stang Seher Rusak?

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dapat Anda perhatikan jika stang seher pada kendaraan Anda mengalami kerusakan:

1. Getaran pada Kemudi

Jika stang seher mengalami kerusakan, maka getaran pada kemudi akan terasa. Getaran ini biasanya terutama terasa saat melakukan pengereman. Hal ini dikarenakan selangkangan stang seher atau ujung stang yang menghubungkan dengan poros kemudi telah membentuk bengkok.

2. Suara Berdecit pada Roda Depan

Jika Anda mendengar suara berdecit saat kendaraan digunakan, maka ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri bahwa stang seher mengalami kereputan. Suara ini biasanya akan terdengar saat roda depan berputar dan suara tersebut akan semakin keras jika kecepatan kendaraan semakin cepat.

BACA JUGA:   Seal Water Pump Vario 110 Karbu: Menjaga Mesin Motor Anda Tetap Dalam Kondisi Optimal

3. Perubahan Kinerja Kendaraan

Jika stang seher kendaraan Anda mengalami kerusakan, maka kinerja kendaraan akan berubah. Faktor yang paling terasa saat kinerja kendaraan berubah adalah stabilitas dan handling kendaraan.

Handling akan terasa semakin berat dan kurang responsif saat mobil melewati tikungan. Bahkan, kendaraan Anda mungkin bergerak dari sisi ke sisi saat melewati tikungan.

4. Kendaraan Tidak Stabil

Jika stang seher mengalami kerusakan, maka kendaraan Anda mungkin menjadi kurang stabil. Ini dapat terjadi karena stang seher tidak lagi mampu mengontrol gerakan roda depan dengan stabil.

Demikian juga, kendaraan mungkin selalu bergerak kekanan atau kekiri saat kemudi diputar, karena stang seher tidak mampu mengontrol roda depan dengan stabil.

5. Masalah pada Suspensi Depan

Stang seher seringkali membentuk hubungan dengan suspensi depan pada kendaraan, dan jika stang seher mengalami kerusakan, maka suspensi depan mungkin juga mengalami kerusakan. Anda dapat melihat ciri-ciri suspensi depan bermasalah dengan melihat apakah roda depan kendaraan melompat ke samping atau ke atas saat melewati jalan yang rusak atau bergelombang.

Semua ciri-ciri di atas menunjukkan bahwa stang seher pada kendaraan Anda sudah tidak berfungsi dengan baik. Stang seher yang rusak harus segera diperbaiki atau diganti agar kendaraan Anda dapat digunakan dengan aman.

Kesimpulan

Stang seher adalah komponen penting dalam sistem kemudi kendaraan. Jika stang seher mengalami kerusakan, maka hal ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan Anda.

Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas, segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki atau diganti stang seher yang rusak.

Jangan mengabaikan ciri-ciri di atas, karena hal ini berkaitan dengan keselamatan Anda dalam berkendara. Jangan ragu untuk menghubungi teknisi kepercayaan Anda saat Anda merasa stang seher Anda bermasalah.

BACA JUGA:   Cara Tune Up Suzuki TS 125