Skip to content
Home » CDI Vario Lama: Apa Itu dan Apa Manfaatnya?

CDI Vario Lama: Apa Itu dan Apa Manfaatnya?

Jika Anda adalah penggemar otomotif, maka pasti pernah mendengar tentang CDI vario lama. CDI atau Capacitor Discharge Ignition, merupakan komponen penting dalam mesin kendaraan, terutama kendaraan roda dua.

Namun, apa itu CDI vario lama dan apa manfaatnya? Artikel ini akan membahas secara detail tentang komponen ini, fungsi, dan manfaatnya.

Apa itu CDI vario lama?

CDI vario lama adalah tipe CDI yang digunakan pada kendaraan roda dua, terutama skuter atau matic. CDI ini memiliki beberapa kabel penghubung yang terdiri dari kabel penghubung ke busi, kabel penghubung ke sumber daya listrik, dan sinyal output.

CDI vario lama biasanya digunakan pada kendaraan skuter atau matic lawas dengan mesin 2-tak maupun 4-tak. CDI ini biasanya memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan di toko spare part atau bengkel.

Fungsi dari CDI vario lama

Fungsi utama dari CDI vario lama adalah mengatur waktu dan intensitas api pada mesin kendaraan. CDI ini mengirimkan sinyal elektrik berupa listrik AC dari sumber daya listrik (coils) ke busi, yang kemudian menyalakan campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar.

CDI vario lama juga berfungsi untuk mengatur kinerja mesin. Dengan adanya CDI, mesin kendaraan menjadi lebih stabil dan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. CDI vario lama juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, sehingga kendaraan menjadi lebih hemat dan ramah lingkungan.

Manfaat dari CDI vario lama

Seperti yang sudah disebutkan, CDI vario lama memiliki manfaat utama yaitu meningkatkan kinerja mesin kendaraan. Dalam penggunaannya, CDI ini juga dapat membantu menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Selain itu, CDI vario lama juga mudah dipasang dan dioperasikan. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasang CDI ini pada kendaraan Anda. Harga CDI vario lama juga cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang besar untuk mengganti komponen CDI yang rusak.

BACA JUGA:   CDI Tiger: Efisiensi Maksimal dan Kualitas Terbaik di Kelasnya

Kesimpulan

CDI vario lama adalah komponen penting di dalam mesin kendaraan roda dua, terutama kendaraan skuter atau matic. CDI ini dapat meningkatkan kinerja mesin, menghemat bahan bakar, dan mengurangi emisi gas buang. Selain itu, CDI vario lama juga mudah dipasang dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jadi, jika Anda memiliki kendaraan skuter atau matic lawas dan ingin meningkatkan kinerja mesin, mengganti CDI vario lama mungkin menjadi pilihan yang tepat. Ingatlah untuk selalu memilih produk berkualitas dan dipasang oleh mekanik yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan aman dalam penggunaan kendaraan.