Skip to content
Home ยป Cara Stel Oli Samping Ninja

Cara Stel Oli Samping Ninja

Oli samping adalah komponen penting dalam sebuah mesin motor. Oli tersebut membantu menjaga agar mesin tetap berjalan lancar dan tanpa hambatan. Namun, tak jarang oli samping juga mengalami kebocoran atau kehabisan. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara stel oli samping ninja agar performa mesin tetap optimal.

Langkah Awal: Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum melakukan stel oli samping, pastikan kita sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang wajib disiapkan:

  1. Kunci pas
  2. Kain lap
  3. Oli samping

Setelah semua alat dan bahan siap, kita bisa langsung mulai proses pengaturan oli samping.

Langkah Menyetel Oli Samping

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatur oli samping pada motor Ninja:

Langkah 1: Matikan Mesin

Pastikan motor dalam keadaan mati sebelum memulai proses penyetelan. Kita perlu menunggu mesin dingin agar tidak terjadi kerusakan atau kecelakaan.

Langkah 2: Buka Tutup Oli Samping

Setelah mesin mati, kita bisa membuka tutup oli samping dan membersihkan bagian sekitarnya dengan kain lap. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penyetelan.

Langkah 3: Angkat dan Turunkan Motor

Langkah selanjutnya adalah mengangkat dan menurunkan motor. Hal ini bertujuan agar oli samping benar-benar terdistribusi secara merata.

Langkah 4: Setel Oli Samping

Sekarang saatnya kita menyetel oli samping. Gunakan kunci pas untuk membuka baut pengunci pada oli samping. Setelah baut pengunci terbuka, kita dapat mengatur tinggi rendahnya oli samping dengan menggunakan kunci pas. Pastikan oli samping berada pada posisi yang tepat, tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

BACA JUGA:   Ukuran Shock Depan Satria FU: Mengapa Penting untuk Diketahui?

Langkah 5: Periksa Kembali

Sebelum menutup tutup oli samping kembali, pastikan oli samping sudah diatur dengan benar. Langkah ini penting untuk memastikan performa mesin tetap optimal dan tidak akan mengalami masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Mengatur oli samping pada motor Ninja bisa menjadi pekerjaan yang mudah jika kita tahu caranya. Dalam proses penyetelan oli samping, pastikan motor dalam keadaan dingin dan semua alat serta bahan sudah disiapkan dengan baik. Langkah-langkah yang dilakukan harus sesuai dengan panduan yang disarankan agar hasilnya optimal. Setelah selesai dilakukan, jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah oli samping sudah diatur dengan benar atau belum. Dengan begitu, performa mesin tetap optimal dan kita bisa mengendarai motor sejauh mungkin tanpa khawatir terjadi masalah.