Skip to content
Home ยป Cara Stel Klep Motor Nmax

Cara Stel Klep Motor Nmax

Apakah Anda tahu bahwa stel klep motor Nmax sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan umur motor Anda? Meskipun ada banyak pedoman tentang cara melakukan stel klep motor Nmax, artikel ini akan memberi Anda panduan langkah demi langkah yang mudah dipahami dan diikuti.

Apa itu Stel Klep?

Stel klep adalah prosedur penyesuaian posisi katup di dalam mesin motor. Hal ini penting untuk memastikan mesin bekerja dengan benar dan mengurangi keausan pada bagian mesin. Stel klep motor Nmax sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama setelah mencapai jarak tempuh tertentu.

Persiapan untuk Stel Klep

Sebelum memulai stel klep, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan yang diperlukan:

  • Kunci pas 10 mm
  • Kunci pas 12 mm
  • Busi
  • Penggaris senyawa (feeler gauge)
  • Kunci soket 10 mm
  • Perangkat penghemat waktu (timing light)

Pastikan mesin dalam kondisi dingin saat melakukan stel klep motor Nmax.

Langkah-langkah Stel Klep

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan stel klep motor Nmax:

  1. Buka penutup klep dan setel busi di bagian sisi kanan mesin.
  2. Lepaskan busi bagian sisi kanan mesin.
  3. Setel penggaris senyawa pada ketebalan yang disarankan oleh pabrikan motor Nmax.
  4. Masukkan penggaris senyawa ke dalam setiap katup bergantian untuk mengetahui apakah itu tepat sesuai rekomendasi penggaris senyawa. Penggaris senyawa dapat menentukan ketebalan celah yang diperlukan antara katup dan penggeraknya.
  5. Jika suara penggaris senyawa terdengar ketika Anda menariknya, celah klep terlalu ketat, dan jika tidak terdengar suara apa pun, celah klep terlalu lebar.
  6. Atur ketebalan celah dari klep yang terlalu ketat atau terlalu lebar dengan memutar baut tetap klep pada camber eksentrik menggunakan kunci pas 10 mm.
  7. Setelah selesai mengatur celah, periksa lagi dengan penggaris senyawa untuk memastikan celah klep sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
  8. Pasang kembali busi dan tata ulang penutup klep.
  9. Selelahnya, periksa timing engine menggunakan perangkat penghemat waktu untuk memastikan timing sudah tepat.
BACA JUGA:   Kelebihan Stroke Up untuk Meningkatkan Performa Mobil Anda

Kesimpulan

Stel klep motor Nmax adalah prosedur perawatan yang penting untuk menjaga sunnguhnya kinerja mesin dan membuat motor Anda bertahan lebih lama. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah disebutkan di atas, Anda dapat melakukan stel klep dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang dengan menghindari biaya perbaikan yang mahal dan menjaga performa mesin Nmax yang maksimal.