Skip to content
Home ยป Cara Setting Stasioner NMAX

Cara Setting Stasioner NMAX

Jika Anda adalah seorang pengendara motor Yamaha NMAX, maka Anda pasti sudah familiar dengan masalah stasioner yang tidak teratur. Biasanya, motor akan mati sendiri saat dijalankan dalam keadaan stasioner. Masalah ini cukup mengganggu, terutama saat Anda sedang berhenti di lambat atau mengemudi di kota yang sibuk.

Namun, jangan khawatir! Ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan setting stasioner pada Yamaha NMAX Anda. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan setting stasioner pada Yamaha NMAX.

Langkah 1: Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki kunci pas dan obeng. Selain itu, Anda juga memerlukan penggaris, kertas amplas, dan alat pengukur stasioner.

Langkah 2: Panaskan Mesin

Langkah berikutnya adalah memanaskan mesin motor. Pastikan mesin Anda telah berjalan selama beberapa menit sebelum melakukan setting stasioner. Hal ini akan memastikan mesin berjalan pada suhu yang optimal.

Langkah 3: Buka Tutup Pemeriksaan Stasioner

Setelah mesin dipanaskan, langkah selanjutnya adalah membuka tutup pemeriksaan stasioner. Tutup pemeriksaan stasioner ini terletak di sebelah kanan atas body NMAX. Jangan lupa untuk membuka tutup nya dengan hati-hati agar tidak merusaknya.

Langkah 4: Lakukan Pengukuran

Setelah tutup pemeriksaan stasioner dibuka, langkah selanjutnya adalah melakukan pengukuran. Gunakan alat pengukur stasioner untuk menentukan apakah stasioner Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi. Anda juga dapat menggunakan kertas amplas untuk membersihkan dudukan stasioner dan membuatnya lebih rata.

BACA JUGA:   Jalur Kabel Stater Vario 110: Panduan Lengkap untuk Perbaikan dan Perawatan

Langkah 5: Sesuaikan Stasioner

Setelah melakukan pengukuran, Anda dapat mengatur stasioner sesuai kebutuhan. Perlahan-lahan putar sekrup stasioner menggunakan kunci pas sampai LED indikator kecepatan idle menunjukkan angka yang sesuai. Pastikan stasioner berada di kisaran yang aman, sehingga mesin tidak mati saat berhenti pada stasioner.

Langkah 6: Tutup Pemeriksaan Stasioner

Setelah melakukan pengaturan stasioner, langkah terakhir adalah menutup tutup pemeriksaan stasioner. Pastikan Anda menutupnya kembali dengan rapat.

Dengan melakukan setting stasioner pada Yamaha NMAX, Anda dapat mengatasi masalah stasioner yang tidak teratur dan memastikan mesin tetap berjalan stabil pada keadaan stasioner. Namun, jika Anda masih mengalami masalah yang sama, ada baiknya untuk membawa motor Anda ke bengkel resmi Yamaha untuk diperiksa lebih lanjut.

Demikianlah langkah-langkah cara setting stasioner pada Yamaha NMAX. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan pastikan motor Anda berjalan dengan baik dan terhindar dari masalah stasioner yang tidak teratur.