Skip to content
Home » Cara Setting Karbu PE 28 di Tiger

Cara Setting Karbu PE 28 di Tiger

Apakah Anda mulai merasa tidak puas dengan performa motor Tiger Anda? Salah satu solusinya adalah mengatur ulang karburator. Karburator berfungsi untuk memadukan udara dan bahan bakar sehingga mesin dapat berjalan dengan sempurna. Setting yang benar pada karburator akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, performa mesin, dan juga memberikan kenyamanan bagi pengendara. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara setting karbu PE 28 di Tiger secara detail.

Persiapan Alat

Sebelum mulai melakukan setting, pastikan Anda telah menyiapkan alat-alat yang diperlukan di antaranya: obeng screwdriver, kunci pas, klem, dan wrench. Pastikan juga Anda sudah memiliki pemahaman dasar tentang bagian-bagian karburator pada motor Anda.

Langkah-Langkah Setting

  1. Buka body karburator dengan melepas klem yang mempertemukan body karburator dengan manifold. Setelah body karburator terbuka, cek isi ilegal dan membersihkannya menggunakan karoserie cleaner agar bersih dan bebas dari kontaminan.

  2. Setelah itu, bongkar karburator menjadi beberapa bagian yaitu float chamber, jet pada tubuh karburator, dan main jet dengan obeng screwdriver. Bersihkan dengan cairan karoserie cleaner.

  3. Setelah itu, periksa float chamber, lakukanlah pengecekan apakah pengapian bersih dengan tidak ada tumpukan kotoran pada filter bensin. Jika sudah penuh, sebaiknya bersihkan atau ganti dengan yang baru agar pengoplosan bensin menjadi lebih lancar.

  4. Setelah itu, siapkan main jet untuk disetting. Setting main jet adalah menyetel ukuran lubang lubang pada jet apakah besar/kecil akan berpengaruh pada pengapian bensin, main jet pertama untuk Tiger adalah berukuran 120, dan untuk settingan ditambah atau dikurangi sesuai dengan kondisi ketinggian tempat yang akan dilalui, hal ini biasanya diatur oleh ahli karburator atau bengkel resmi.

  5. Setelah suku per sekian waktu pengoplosan bensin, karburator akan mengeluarkan gas buang melalui pipa pembuangan yang ngebul dan hitam. Hal ini terjadi ketika bahan bakar yang kotor dibakar oleh kerja mesin, maka solusinya adalah menyetel karburator pada bannya. Persingkat setting kecil dan pastikan spuyer / pilot / idle / intrikas / float standar karburator benar-benar bersih.

  6. Terakhir, bila telah selesai melakukan setting terhadap karburator, pasangkan kembali seluruh bagian karburator, lalu nyalakan Tiger Anda. Tes mesin dengan melakukan akselerasi, jika suara mesin terdengar normal, Anda telah berhasil melakukan setting karbu PE 28 di Tiger dengan benar.

BACA JUGA:   Perbedaan Nozzle PE dan PWK

Kesimpulan

Dalam mengatur ulang karburator PE 28 pada motor Tiger, diperlukan persiapan alat dan pemahaman dasar tentang bagian-bagian karburator. Beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain membersihkan karburator, memeriksa float chamber dan main jet, serta menyetel main jet sesuai dengan ketinggian tempat yang akan dilalui. Setelah semua langkah dilakukan, pastikan untuk menggabungkan kembali bagian-bagian karburator dan melakukan tes mesin. Dengan melakukan setting karbu PE 28 pada Tiger dengan benar, performa mesin bisa meningkat dan Anda dapat merasakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan.