Skip to content
Home ยป Cara Setel Rantai Keteng Vixion Old

Cara Setel Rantai Keteng Vixion Old

Jika Anda memiliki Yamaha Vixion seri lama, Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan rantai keteng. Hal ini sering terjadi karena ketidakmampuan pemilik motor untuk melakukan perawatan yang diperlukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara setel rantai keteng Vixion old agar motor Anda tetap dalam kondisi prima.

Apa itu Rantai Keteng?

Sebelum kita membahas cara setel rantai keteng Vixion old, mari kita terlebih dahulu membahas apa itu rantai keteng. Rantai keteng adalah komponen yang menghubungkan roda belakang ke mesin. Rantai keteng pada Yamaha Vixion kebanyakan terbuat dari bahan baja, dan dapat bertahan lama jika dirawat dengan baik.

Mengapa Penting untuk Merawat Rantai Keteng?

Rantai keteng yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan banyak masalah, seperti kebisingan yang tidak diinginkan, akselerasi yang buruk, dan bahkan kerusakan pada mesin. Jika rantai keteng terlalu longgar, akan meningkatkan beban pada gigi pada mesin, yang dapat mempercepat keausan dan bahkan kerusakan pada mesin. Jika rantai keteng terlalu ketat, akan meningkatkan beban pada roda belakang, dan dapat menyebabkan keausan pada ban.

Cara Setel Rantai Keteng Vixion Old

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk cara setel rantai keteng Vixion old:

  1. Pertama, pastikan motor Anda dalam kondisi yang aman dan stabil. Jangan mencoba melakukan setelan rantai keteng jika motor dalam kondisi tidak stabil atau terburu-buru.
  2. Lepaskan mur pengunci yang terletak di roda belakang.
  3. Gunakan ukuran 10mm kunci pas untuk memutar mur setelan rantai keteng searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Anda ingin memastikan ketegangan rantai keteng adalah antara 25-30 mm.
  4. Periksa ketegangan rantai keteng menggunakan penggaris atau alat yang serupa untuk memastikan ketegangan sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Saat ketegangan rantai keteng telah sesuai, pastikan roda belakang di tengah roda bagian belakang dan kemudian kencangkan mur pengunci di sebelah roda belakang.
  6. Terakhir, pastikan untuk memeriksa ketegangan rantai keteng secara teratur. Direkomendasikan untuk melakukan pengecekan setiap 1000 โ€“ 2000 km atau setiap tiga bulan sekali. Jika ketegangan terlalu longgar atau terlalu ketat, lakukan setelan yang diperlukan.
BACA JUGA:   Karburator Jupiter Z 2004: Pengganti yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara setel rantai keteng Vixion old. Penting untuk merawat rantai keteng agar tetap dalam kondisi prima dan menghindari kerusakan pada mesin atau ban. Pastikan untuk melakukan setelan rantai keteng secara teratur dan jaga motor Anda agar tetap dalam kondisi prima. Terima kasih telah membaca!