Skip to content
Home » Cara Setel Kopling Motor

Cara Setel Kopling Motor

Apabila Anda memperhatikan pengalaman berkendara dengan motor, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara, salah satunya adalah performa kopling. Kopling yang tidak teratur atau kendor bisa membuat stang motor terasa berat, serta menghambat akselerasi dan kecepatan motor. Maka dari itu, perlu dilakukan setel ulang kopling demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Berikut adalah beberapa langkah cara setel kopling motor yang mudah dan bisa dilakukan sendiri dengan peralatan yang terbatas.

Persiapan

Sebelum melakukan setel kopling, pastikan Anda mempersiapkan peralatan seperti kunci pas, obeng, dan aksesori lainnya yang diperlukan. Pastikan juga motor dalam kondisi dingin agar tidak terlalu panas saat Anda melakukan setel.

Langkah Pertama: Periksa Level Kopling

Langkah pertama dari cara setel kopling adalah memeriksa level pada kopling. Anda bisa menemukan level pada kopling di dekat tuas kopling. Pastikan level kopling berada di tengah-tengah segitiga level. Jika terlalu rendah, tambahkan oli rem pada kopling dan jika terlalu tinggi, tingkatkan level dengan memeras tuas kopling dan memutar mur penyetel level.

Langkah Kedua: Setel Play Kopling

Langkah berikutnya adalah setel play kopling atau jarak antara tuas kopling dan handle grip. Pastikan play kopling benar-benar kendor tanpa adanya gaya yang diberikan pada tuas kopling. Jika play kopling masih terlalu jauh atau terlalu dekat, setel dengan memutar mur penyetel di dekat tuas kopling.

Langkah Ketiga: Setel Kaku Kabel Kopling

Setelah melakukan setel play kopling, langkah selanjutnya adalah setel kaku kabel kopling. Ketegangan kabel kopling harus sedang pada posisi standar dan tidak terlalu kencang maupun terlalu kendur. Jika kaku kabel kopling terlalu longgar atau terlalu kencang, bisa disetel dengan memutar mur penyetel kabel kopling pada sisi mesin.

BACA JUGA:   Kendaraan Anda Terlihat Keren dengan Memiliki Pedal Kopling Motor yang Bagus

Langkah Keempat: Periksa Aksesoris dan Bantalan Kopling

Setelah melakukan setel kopling, pastikan memeriksa kondisi aksesoris dan bantalan kopling. Jika ditemukan keausan atau kerusakan pada aksesoris dan bantalan kopling, segera ganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Dengan melakuka cara setel kopling yang tepat, bermaterikan langkah-langkah penting, pasti performa motor yang Anda kendarai akan lebih optimal dan nyaman. Namun, jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan setel kopling sendiri, lebih baik bawa ke bengkel yang lebih kompeten. Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ingat untuk tetap memeriksa kondisi motor Anda rutin agar tetap awet dan nyaman saat berkendara.