Skip to content
Home » Cara Setel Angin Injeksi

Cara Setel Angin Injeksi

Apakah Anda memiliki masalah dengan bahan bakar atau konsumsi bahan bakar yang tidak efisien pada mobil anda yang menggunakan sistem injeksi? Jangan khawatir, jangan pergi ke bengkel terlebih dahulu. Anda mungkin dapat menyetel angin injeksi mobil Anda sendiri. Di artikel ini, kita akan membahas cara setel angin injeksi untuk membantu Anda memperbaiki masalah ini.

Apa itu angin injeksi?

Angin injeksi adalah campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin melalui sistem injeksi. Sistem injeksi adalah pengganti sistem karburator. Karburator dan sistem injeksi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyediakan campuran udara dan bahan bakar yang tepat sehingga mesin bisa beroperasi dengan efisien. Namun, sistem injeksi lebih canggih dan lebih efisien dalam menyuplai campuran udara dan bahan bakar ke mesin.

Kenapa harus disetel ulang?

Sistem injeksi bekerja secara elektronik. Di dalam sistem injeksi terdapat sensor yang mengukur udara dan bahan bakar yang masuk, dan mengirimkan informasi ke sistem pengontrol. Sistem pengontrol menciptakan campuran udara dan bahan bakar yang tepat berdasarkan informasi dari sensor. Jika sensor rusak atau malfungsi, maka sistem injeksi tidak akan berfungsi dengan baik dan memicu masalah di mesin.

Cara setel ulang angin injeksi

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyetel angin injeksi:

  1. Persiapkan alat yang diperlukan seperti kunci pas, multimeter, percikan api, bahan pembersih karbon, dan bahan pembersih injektor.

  2. Cek sensor pada sistem injeksi. Pastikan sensor berfungsi dengan baik. Sensor yang rusak dapat menyebabkan masalah pada sistem injeksi.

  3. Bersihkan karbon pada intake manifold dan throttle body. Karbon dapat menyumbat jalur udara dan bahan bakar, sehingga mengganggu pengiriman campuran udara dan bahan bakar ke mesin.

  4. Setel idle speed. Idle speed adalah kecepatan mesin saat standby. Idle speed harus sesuai dengan spesifikasi produsen mobil.

  5. Cek dan setel tps. Tps (Throttle position sensor) harus berfungsi secara normal. Jika tps tidak berfungsi dengan baik, maka itu akan memengaruhi fuel trim dan menyebabkan masalah pada mesin.

  6. Setel fuel trim. Fuel trim adalah rasio campuran udara dan bahan bakar. Fuel trim harus sesuai dengan spesifikasi produsen mobil.

  7. Bersihkan injektor. Injektor dapat tersumbat karbon sehingga mempengaruhi fungsi fuel trim.

  8. Cek ignition timing. ignition timing berhubungan dengan waktu pembakaran di mesin. ignition timing harus berfungsi dalam batasan toleransi produsen mobil.

  9. Tes mesin. Setelah menyetel angin injeksi, tes mesin dan pastikan mesin beroperasi dengan baik.

BACA JUGA:   Karet Kopling Satria FU: Keandalan Tinggi dan Performa Optimal

Kesimpulan

Membawa mobil ke bengkel untuk menyetel angin injeksi mungkin akan menghabiskan banyak uang. Namun, jika Anda tahu cara menyetel angin injeksi sendiri, Anda dapat menghemat uang dan waktu. Anda dapat menyetel angin injeksi sendiri tanpa harus memiliki pengetahuan khusus, alat yang tepat dan pemahaman sistem injeksi saja sudah cukup. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki masalah yang muncul pada mobil Anda dan membuatnya beroperasi dengan lebih efisien.