Skip to content
Home » Cara Pasang RPM Digital di Mobil

Cara Pasang RPM Digital di Mobil

Jika Anda ingin mengukur putaran mesin mobil Anda secara akurat, memasang RPM digital adalah solusinya. RPM digital akan memudahkan Anda untuk mengatur putaran mesin, lebih akurat dan mudah dibaca. Berikut ini adalah cara pasang RPM digital di mobil secara mudah dan tepat.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • RPM digital
  • Kabel positif dan negatif
  • Konektor listrik
  • Gunting pemotong
  • Kabel tie
  • Obeng

Pastikan Anda memilih RPM digital yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, siapkan kabel positif dan negatif yang sesuai.

Langkah-langkah Pasang RPM Digital

  1. Matikan mesin mobil Anda dan cabut kunci kontak untuk mencegah terjadinya korsleting.
  2. Cari terminal koil atau busi di mesin mobil. Terminal koil atau busi biasanya berwarna hitam atau memiliki tanda (+) dan (-) yang menandakan kabel positif dan negatif.
  3. Hapus saluran kabel penutup terminal koil atau busi dengan hati-hati menggunakan gunting pemotong. Pastikan tidak merusak kabel penutup yang digunakan untuk kembali ke kondisi semula.
  4. Sambungkan kabel positif dari RPM digital ke saluran kabel penutup terminal busi atau koil yang bertanda (+).
  5. Sambungkan kabel negatif dari RPM digital ke saluran kabel penutup terminal busi atau koil yang bertanda (-).
  6. Sambungkan konektor listrik RPM digital dengan kabel positif dan negatif yang sudah terpasang.
  7. Pasang RPM digital pada tempat yang sesuai, biasanya pada dasbor mobil atau pada bagian dekat penumpang.
  8. Setelah terpasang, test RPM digital dengan menjalankan mesin mobil. Pastikan RPM digital berfungsi dengan baik dan menampilkan angka yang sesuai dengan putaran mesin.
BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dalam Roller Motor Matic: Keunggulan dan Kekurangan

Kesimpulan

Pasang RPM digital di mobil tidak sulit dan dapat dilakukan sendiri. Dengan mengetahui cara pasang RPM digital mobil, Anda dapat memantau putaran mesin secara akurat. Jangan lupa untuk memilih RPM digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan semua kabel terpasang dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memasang RPM digital di mobil.