Skip to content
Home » Cara Pasang Roller Mio M3

Cara Pasang Roller Mio M3

Jika Anda ingin meningkatkan performa mesin dan akselerasi skuter Mio M3 Anda, mengganti roller bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara pasang roller Mio M3 sebenarnya tidak terlalu sulit, dibutuhkan peralatan dan sedikit keterampilan dalam mekanik skuter. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang roller Mio M3 yang benar.

Persiapan dan Peralatan

Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan bahwa Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan, seperti kunci pas, obeng, klem dan tang. Pastikan juga bahwa Anda memiliki ruang yang cukup dan alat bantu untuk memperbaiki skuter jika terjadi kegagalan.

Langkah Pertama: Siapkan Skuter Mio M3 Anda

Matikan mesin skuter, dan pastikan bahwa skuter sudah berada pada posisi yang stabil dengan menggunakan stand atau center stand. Kemudian, buka panel bagian bawah dari skuter untuk mendapatkan akses ke CVT.

Langkah Kedua: Lepaskan CVT Cover

Untuk mengakses roller, Anda perlu membuka tutup CVT di sisi kanan dari skuter. Gunakan obeng untuk membuka dan lepaskan penutup CVT. Setelah penutup CVT terbuka, Anda akan melihat CVT Pulley dengan roller. Jangan lupa untuk membersihkan area di sekitar CVT dengan kain atau tisu.

Langkah Ketiga: Lepaskan Variator

Lepaskan variator atau unit pulley yang akan membuka akses ke roller. Lepaskan mur di bagian tengah menggunakan kunci pas, dan lepaskan tangan. Setelah itu, keluarkan semua roller dari variator dan bersihkan daerah tersebut dengan kain atau tisu.

Langkah Keempat: Pasang Roller Baru

Pemasangan roller baru di Mio M3 pada dasarnya merupakan kebalikan dari pengeluaran roller. Masukkan semua roller ke dalam lubang yang sama dengan urutan yang sama seperti yang digunakan sebelumnya. Jangan lupa untuk melepaskan grease pada roller sebelum memasangnya. Kemudian, pasang kembali variator ke CVT dan pasang kembali mur pada bagian tengah.

BACA JUGA:   Kampas Belakang Nmax Sama dengan?

Langkah Kelima: Pasang Kembali CVT Cover

Setelah semua roller dipasang dengan benar, ambil CVT Cover untuk dipasang kembali ke skuter. Pasang kembali CVT Cover dengan menggunakan klem dan pastikan bahwa klem sudah terpasang dengan benar dan kokoh.

Penutup

Sekarang skuter Mio M3 Anda sudah dipasang roller baru dan siap digunakan. Ingat, pastikan untuk memeriksa roller dengan berkala untuk memastikan bahwa roller bekerja dengan baik dan aman untuk digunakan. Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel yang ahli dalam mekanik skuter jika Anda belum yakin tentang teknik pemasangan roller Mio M3.

Kesimpulan

Menjadi seorang mekanik skuter yang handal memerlukan banyak pengalaman dan keterampilan, termasuk dalam hal pasang roller Mio M3. Dalam membuat performa skuter yang lebih baik dan juga lebih mempermudah akselerasinya, maka perlu adanya tambahan aksesoris untuk meningkatkan performa seperti pasang roller. Dalam proses ini, Anda perlu memberi perhatian ekstra pada detail teknis dan kepercayaan diri. Jangan khawatir, jangan terburu-buru, dan selamat mencoba pasang roller Mio M3!