Skip to content
Home » Cara Pasang Kampas Kopling: Panduan Lengkap untuk Pemilik Mobil

Cara Pasang Kampas Kopling: Panduan Lengkap untuk Pemilik Mobil

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah kampas kopling. Kampas kopling adalah komponen penting di dalam mobil dengan transmisi manual, yang berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan transmisi dan kemudian ke roda. Jadi ketika kamu menginjak pedal kopling, maka kampas kopling akan terlepas sehingga kamu bisa melakukan perubahan gigi.

Namun, pada suatu saat kamu mungkin harus mengganti kampas kopling pada mobilmu. Jika kamu ingin melakukan proses penggantian ini dengan sendiri, maka kamu memerlukan panduan lengkap dan cara pasang kampas kopling yang benar.

Persiapan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pasang kampas kopling, pastikan kamu sudah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti:

  • Kunci pas set
  • Kunci roda
  • Kunci sok set
  • Dongkrak mobil
  • Kursi kerja dan bantal untuk duduk
  • Obeng dan tang

Proses pasang kampas kopling juga membutuhkan persiapan-persiapan di bawah ini:

  • Pastikan mobilmu berada di permukaan datar dan aman untuk dikerjakan.
  • Lepaskan baterai mobil untuk menghindari korsleting saat bekerja di sekitar area mesin.
  • Bersihkan area kerja dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang bisa masuk ke dalam komponen-komponen mesin.

Cara Pasang Kampas Kopling yang Benar

Setelah kamu menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini dalam cara pasang kampas kopling:

  1. Lepaskan roda bagian depan pada sisi pasangan atau pada sisi yang akan kamu kerjakan. Gunakan kunci pas set atau kunci sok set untuk melepas mur pada kabel pengaman rem cakram dan melepas mur pada baut yang menahan roda di asnya. Angkat roda keluar dari as.

  2. Setelah roda depan lepas, sekarang kamu akan melihat drum cakram atau tromol yang terpasang di belakangnya. Lepaskan mur-mur drum tersebut dengan menggunakan kunci pas set atau kunci sok set.

  3. Selanjutnya lepaskan baut penahan pada front hub dan lepaskan front hub. Kemudian lepas anggota drive shaft dari drive flange.

  4. Setelah semua dipersiapkan, sekarang saatnya mengakses area mesin untuk mengganti kampas kopling yang rusak dengan yang baru. Lepaskan tutup penutup kopling dengan mengeluarkan sekrup penjepitnya menggunakan kunci pas set atau kunci sok set. Setelah penutupnya lepas, kamu akan bisa melihat komponen-komponen kopling secara jelas.

  5. Lepaskan kampas kopling lama dengan mengeluarkan sekrup pengikatnya menggunakan kunci pas set atau kunci sok set. Pasang kampas kopling baru dengan cara mengikatnya dengan baut-baut pengikat yang sama.

  6. Lakukan proses yang sama dengan menginstal ulang semua komponen yang telah dilepas sebelumnya, yaitu memasang front hub, drive shaft, serta roda bagian depan.

  7. Segera ujicoba mobilmu setelah proses mengganti kampas kopling selesai dilakukan. Periksa kembali semua baut, mur, dan pengencang yang kamu pasang, dan pastikan bahwa semua terpasang dengan benar, dan mobilmu bekerja dengan baik.

BACA JUGA:   Palembang ke Lubuk Linggau: Menelusuri Rute dengan Mobil yang Tepat

Kesimpulan

Proses cara pasang kampas kopling tidak terlalu sulit jika kamu sudah memahami tekniknya. Namun, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, serta paham dengan setiap langkah-langkah yang harus diambil. Dengan begitu, kamu akan berhasil mengganti kampas kopling mobilmu dengan mudah dan efisien.