Skip to content
Home » Cara Pasang Flasher Mobil 3 Kaki

Cara Pasang Flasher Mobil 3 Kaki

Flasher mobil adalah salah satu bagian penting dari sistem lampu kendaraan. Flasher berfungsi sebagai indikator berkedipnya lampu kendaraan. Ada beberapa jenis flasher yang terdapat pada kendaraan, salah satunya adalah flasher mobil 3 kaki. Pada artikel ini, kami akan membahas cara pasang flasher mobil 3 kaki dengan tepat dan benar.

Perlu Diketahui Sebelum Memulai

Sebelum memulai pemasangan flasher mobil 3 kaki, pastikan bahwa Anda telah memiliki komponen yang diperlukan dalam pemasangan flasher. Beberapa komponen yang dibutuhkan antara lain kabel jumper, soket, terminal, sambungan gril (clips), tang, dan obeng. Pastikan juga bahwa kabel jumper yang akan Anda gunakan memiliki panjang yang cukup dan dapat mencapai kedua ujung komponen yang akan disambung.

Langkah-Langkah Pemasangan Flasher Mobil 3 Kaki

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan kunci kontak mobil dan mencari dimana lokasi soket lampu hazard di mobil. Biasanya, soket lampu hazard terletak di dekat panel instrumen mobil. Kemudian, lepas soket lampu hazard dengan menggunakan tang.

Setelah itu, Anda perlu menghubungkan soket flasher 3 kaki ke soket lampu hazard dengan cara memasangnya secara plug and play. Pastikan kedua soket saling terhubung dengan baik dan tidak goyang.

Langkah selanjutnya adalah meraba rangkaian soket lampu hazard dan menemukan dua kabel yang memiliki warna yang sama. Kemudian, hubungkan kedua kabel dengan menggunakan kabel jumper. Pastikan kabel jumper yang dipasang tidak terlalu pendek maupun terlalu panjang.

Setelah kedua kabel terhubung, hubungkan kabel lainnya dengan menggunakan terminal. Terminal harus terpasang dengan rapi dan kuat, agar sambungan tidak goyang dan terlepas. Kemudian, ikat kedua kabel dengan menggunakan sambungan gril agar tidak bergerak.

Langkah terakhir adalah memasang soket lampu hazard kembali dengan cara menekannya ke dalam terminal yang telah terhubung dengan baik. Pastikan semua kabel terpasang dengan rapat dan soket lampu hazard tidak goyang-goyang.

BACA JUGA:   Mobil Sport Terbaik untuk Kecepatan dan Kenyamanan yang Luar Biasa

Kesimpulan

Dalam pemasangan flasher mobil 3 kaki, Anda harus memahami lokasi soket lampu hazard di mobil, mempersiapkan komponen yang diperlukan, dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Pastikan semua komponen terpasang dengan kuat dan sambungan kabel tidak bergerak. Jika Anda tidak yakin dengan pemasangan flasher mobil 3 kaki, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi ahli.

Dengan memahami cara pasang flasher mobil 3 kaki, Anda dapat mengganti flasher mobil sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Selain menghemat waktu, pemasangan flasher mobil 3 kaki dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman dalam merawat kendaraan Anda.