Skip to content
Home » Cara Meninggikan Shock Depan Yamaha Mio Sporty

Cara Meninggikan Shock Depan Yamaha Mio Sporty

Yamaha Mio Sporty merupakan salah satu motor bebek yang cukup diminati di Indonesia. Namun, ada beberapa kendala yang kerap dihadapi oleh pengendara Mio Sporty, salah satunya adalah tinggi bodi yang rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah meninggikan shock depan. Pada artikel ini, kita akan membahas cara meninggikan shock depan Yamaha Mio Sporty.

Mengapa Meninggikan Shock Depan Penting

Meninggikan shock depan pada Yamaha Mio Sporty memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Memperbaiki kenyamanan saat berkendara, terutama di jalan yang berlubang atau bergelombang.
  2. Meningkatkan ketinggian bodi motor sehingga lebih nyaman digunakan oleh pengendara yang tinggi.
  3. Menambah kesan sporty pada tampilan motor.

Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang ahli dalam bidangnya, karena mengganti komponen motor setiap hari tidaklah mudah.

Cara Meninggikan Shock Depan Yamaha Mio Sporty

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk meninggikan shock depan Yamaha Mio Sporty:

Langkah 1: Persiapkan Alat dan Bahan

  • Kunci momen
  • Kunci pas 10mm
  • Kunci pas 12mm
  • Kunci pas 14mm
  • Kunci pas 17mm
  • Kunci pas 19mm
  • Kunci Gembok
  • Obeng Min
  • Busa isolator
  • Suspensi lengkap Mio Sporty

Langkah 2: Matikan Mesin

Sebelum memulai pekerjaan, matikan mesin motor terlebih dahulu.

Langkah 3: Lepaskan Perangkat Suspensi

Lepaskan perangkat suspensi dengan menggunakan kunci pas, seperti kunci pas 10mm, 12mm, dan 14mm. Pastikan juga suspensi yang dilepas adalah suspensi lengkap Mio Sporty.

Langkah 4: Bongkar Ujung Atas Shock

Bongkar ujung atas shock dari pembungkus tabung dengan menggunakan kunci pas 17mm. Lepaskan juga pengunci pembungkus, lalu angkat shock.

Langkah 5: Pasang Komponen Baru

Pasang busa isolator baru di antara ujung atas shock dan pembungkus tabung. Kemudian, pasangkan suspensi lengkap Mio Sporty yang baru. Setelah itu, pasang kembali pengunci pembungkus dan kunci pas 19mm.

BACA JUGA:   Ciri Ciri Blok RX Spesial Ori

Langkah 6: Pasang Kembali Semua Komponen

Pasang kembali semua komponen suspensi dan pastikan semuanya terpasang dengan benar. Atur tinggi dan kekencangan baru pada shock depan Mio Sporty.

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, sebaiknya lakukan uji coba berkendara untuk memastikan ketinggian dan kekencangan shock depan sudah sesuai dan aman untuk digunakan saat berkendara.

Kesimpulan

Meninggikan shock depan Yamaha Mio Sporty memang bisa dilakukan, namun harus dilakukan dengan hati-hati oleh mekanik yang ahli dalam bidangnya. Hal ini dikarenakan kegagalan dalam melakukannya bisa menyebabkan motor tidak aman untuk digunakan saat berkendara. Jadi, pastikan Anda menggunakan komponen yang tepat, mengikuti prosedur yang benar, dan melakukan uji coba berkendara sebelum menggunakan motor secara rutin.

Dengan melakukan cara meninggikan shock depan pada Yamaha Mio Sporty, kenyamanan saat berkendara dan tampilan motor Anda bisa ikut terpenuhi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!