Skip to content
Home » Cara Mengoper Gigi Satria FU

Cara Mengoper Gigi Satria FU

Satria FU merupakan salah satu motor sport terpopuler di Indonesia. Motor ini dikembangkan oleh Suzuki dengan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk melakukan akselerasi dan kecepatan tinggi. Bagi anda yang baru membeli satria FU, penting untuk mengetahui cara mengoper gigi yang benar untuk memberikan performa terbaik pada motor ini.

Mengoper Gigi Satria FU

  1. Pastikan motor dalam kondisi mati atau dalam kondisi diam (neutral)
  2. Tekan tuas kopling hingga ujungnya dipegang dan saat yang sama, tekan juga tuas rem belakang
  3. Tekan tombol tombol gigi mengikuti urutan dari gigi satu ke gigi enam sesuai dengan kecepatan yang akan dicapai
  4. Lepaskan tuas kopling secara perlahan hingga motormulai bergerak

Setelah mengoper gigi, hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan kopling. Ketika mengganti gigi, penting untuk menekan tuas kopling secara perlahan dengan mulai melepaskannya sedikit demi sedikit agar gigi dapat tergeser dengan lancar. Jangan pernah menarik tuas kopling secara mendadak atau terlalu cepat.

Tips Mengoper Gigi yang Benar

  • Jangan lupa selalu memeriksa kondisi kesehatan gigi motor sebelum berkendara
  • Pelajari gigi mana yang harus digunakan dalam situasi tertentu. Misalnya, apa saja gigi yang harus digunakan ketika menanjak atau menurun.
  • Perhatikan RPM pada saat mengoper gigi. Tekan kopling dan ganti gigi ketika RPM sudah cukup tinggi. Jangan biarkan RPM terlalu rendah karena dapat merusak mesin.

Kesimpulan

Mengoper gigi satria FU merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan motor tetap dalam kondisi prima dan berkinerja optimal. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi gigi motor serta mengetahui gigi mana yang harus digunakan dalam situasi tertentu. Pelajari juga cara menggunakannya dengan benar agar motor dapat digunakan dengan aman dan nyaman. Selamat mengendarai satria FU!

BACA JUGA:   Astrea 800 Street Cub: Kustomisasi Motor Klasik Terbaru